24 August 2021, 23:46 WIB

Uang Pelatihan Kartu Prakerja Mulai Disalurkan


M Ilham Ramadhan Avisena | Ekonomi

MANAJEMEN Pelaksana Program Kartu Prakerja mulai menyalurkan uang pelatihan sebesar Rp1 juta kepada 800 ribu peserta. Peserta akan dikirimi SMS pemberitahuan ihwal pengiriman uang tersebut dan diminta untuk melakukan pengecekan berkala.

"Siang ini jam 15.00 WIB kami mulai mengirimkan SMS pemberitahuan kepada 800.000 orang yang berhasil menjadi penerima Kartu Prakerja gelombang 18. Notifikasi ini juga dapat dilihat di dashboard setiap peserta," ujar Head of Communications Manajemen Pelaksana Kartu Prakerja Louisa Tuhatu melalui keterangan tertulis, Selasa (24/8).

Dia menerangkan, dibutuhkan waktu untuk menyalurkan uang pelatihan sebesar Rp1 juta kepada tiap peserta. Karenanya, tiap peserta diminta untuk melakukan pengecekan rekening virtual secara berkala.

"Saldo pelatihan ini dapat digunakan untuk membeli pelatihan, bentuknya adalah 16 angka nomor kartu prakerja. Cara menggunakannya sama seperti kalau kita menggunakan kartu debit atau kartu kredit untuk berbelanja secara online," pungkas Louisa.

Diketahui, program Kartu Prakerja gelombang 18 telah menerima 800 orang sebagai peserta pada Senin (16/8). Nantinya tiap peserta akan mendapatkan dana total Rp3,55 juta.

Perinciannya yakni Rp1 juta merupakan uang pelatihan, insentif pascapelatihan sebesar Rp600 ribu yang diberikan selama empat bulan, dan insentif pengisian survey pelatihan Rp50 ribu dan akan diberikan sebanyak tiga kali.

Pembelian pelatihan pertama mesti dilakukan peserta 30 hari sejak ditetapkan sebagai peserta program Kartu Prakerja. Jika dalam kurun waktu itu peserta tak kunjung membeli pelatihan, maka status kepesertaan akan dinonaktifkan. (OL-8)

 

BERITA TERKAIT