23 August 2021, 08:29 WIB

Perbankan Siapkan KUR bagi Petani Porang


mediaindonesia.com | Ekonomi

PT Bank Negara Indonesia (persero) Tbk memberi dukungan pembiayaan berupa penyaluran Kredit Usaha Rakyat (KUR) kepada petani porang untuk meningkatkan nilai ekspor komoditas tersebut.

"Dukungan BNI terhadap pertanian subsektor komoditas porang akan terus ditingkatkan seiring dengan peningkatan nilai ekspor serta perluasan area tanam komoditas porang ini," kata Direktur Hubungan Kelembagaan BNI Sis Apik Wijayanto dalam keterangannya, kemarin.

Sis Apik mengatakan budi daya porang yang merupakan tanaman jenis umbi-umbian menjadi alternatif usaha yang memiliki potensi cukup besar dan menjanjikan untuk dikembangkan.

Penyaluran KUR BNI kepada sektor pertanian dilakukan secara klastering dan meliputi ekosistem dari hulu hingga hilir. "Selain itu, pemberdayaan BNI kepada UMKM untuk memperluas akses pasar melalui program Xpora yang mendukung produk berorientasi ekspor,” ujarnya.

Ia menyampaikan, penyaluran KUR kepada petani porang merupakan upaya perseroan mendukung program pemerintah di sektor pertanian.

Hal tersebut sejalan dengan upaya Presiden Joko Widodo yang terus mendorong porang sebagai salah satu klaster unggulan yang berorientasi global.

Klasterisasi itu juga selaras dengan upaya Kementerian BUMN yang telah menetapkan delapan klaster pertanian, yaitu klaster padi, jagung, sawit, tebu, jeruk, tanaman hias, kopi, dan porang.

Melalui budi daya porang, petani diperkirakan bisa menghasilkan hingga Rp40 juta dalam kurun waktu 8 bulan.

Sis Apik menjabarkan, penyaluran KUR BNI meningkat 75% (yoy) dari sisi volume penyaluran dan 43% (yoy) dari jumlah UMKM maupun kelompok usaha kecil lainnya.

"Penyaluran KUR kepada klaster unggulan porang diharapkan membantu UMKM untuk mampu bertahan dalam menghadapi dampak wabah pandemi covid-19," terangnya.

Sampai dengan Juli 2021, realisasi penyaluran KUR BNI di sektor pertanian mencapai Rp5,1 triliun, yang dirasakan oleh 116.427 penerima KUR di seluruh Indonesia. Hal itu sebagai langkah BNI untuk ikut dalam program Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN). (Ant/E-2)

BERITA TERKAIT