14 August 2021, 22:57 WIB

Pembuat Pesawat Brasil Embraer kembali Cetak Untung di Kuartal II


Mediaindonesia.com | Ekonomi

PEMBUAT pesawat dari Brasil, Embraer, mengatakan pada Jumat (13/8) bahwa kondisi keuangan mereka kembali menjadi hitam pada kuartal kedua. Ini karena sebagian perjalanan udara global mulai pulih dari pandemi.

Mengalahkan ekspektasi dengan laba bersih yang menurut perusahaan mencapai 438,1 juta reais (US$87,9 juta), saham Embraer naik lebih dari 6% dalam perdagangan sore di bursa saham Sao Paulo.

Chief executive Francisco Gomes Neto mengatakan hasil positif itu datang sebagian berkat penjualan jet komersial yang kuat. Ini menghasilkan pendapatan bagi perusahaan sebesar US$338,5 juta.

Baca juga: Ryanair akan Rekrut 2.000 Pilot Sambut Pemulihan Pandemi

Pendapatan itu lebih dari tiga kali lipat angka dari kuartal II 2020. Saat itu pembuat pesawat terbesar ketiga di dunia tersebut membukukan kerugian bersih US$315,3 juta karena covid-19 membuat industri penerbangan global hampir berhenti. Perusahaan masih membukukan kerugian US$89,7 juta pada kuartal I 2021. 

Embraer mengatakan telah mengirimkan 14 pesawat komersial untuk periode April-Juni, naik dari hanya empat untuk periode yang sama pada 2020. Ia mengirimkan 20 pesawat eksekutif, naik dari 13 tahun lalu.

Perusahaan juga terpukul keras tahun lalu ketika raksasa kedirgantaraan AS Boeing membatalkan rencana kesepakatan senilai US$4,2 miliar untuk membeli divisi pesawat komersial perusahaan Brasil itu. Embraer, pembuat pesawat terbesar setelah Airbus dan Boeing, juga mengumumkan rencana untuk membuat operasinya netral karbon pada 2040. (AFP/OL-14)

BERITA TERKAIT