05 August 2021, 06:40 WIB

Harga Minyak Turun Dipicu Naiknya Persediaan AS


Muhammad Fauzi | Ekonomi

HARGA minyak turun tajam pada Rabu atau Kamis WIB (5/8) setelah data menunjukkan kenaikan tak terduga stok minyak mentah AS.

West Texas Intermediate (WTI) untuk pengiriman September turun 2,41 dolar AS, atau 3,4 persen, menjadi menetap di 68,15 dolar AS per barel di New York Mercantile Exchange.

Minyak mentah Brent untuk pengiriman Oktober turun 2,03 dolar AS atau 2,8 persen menjadi ditutup pada 70,38 dolar AS per barel di London ICE Futures Exchange.

Persediaan minyak mentah AS meningkat 3,6 juta barel selama pekan yang berakhir pada 30 Juli, Badan Informasi Energi AS (EIA) mengatakan dalam sebuah laporan pada hari Rabu.

Analis yang disurvei oleh S&P Global Platts memperkirakan publikasi EIA menunjukkan penurunan 4 juta barel dalam pasokan minyak mentah AS.

Sementara itu, harga minyak berada di bawah tekanan di tengah kekhawatiran tentang permintaan.

"Ada kekhawatiran khusus di pasar minyak karena permintaan minyak sangat tertekan akibat pembatasan mobilitas yang diberlakukan dalam upaya memerangi virus corona," kata Barbara Lambrecht, analis energi di Commerzbank Research, dalam sebuah catatan pada hari Rabu. (Ant/OL-13)

Baca Juga: Enam Warga Asing Ikut Vaksinasi di Manggarai Barat

BERITA TERKAIT