04 August 2021, 14:40 WIB

Sri Mulyani Yakin Momentum Pemulihan Ekonomi RI Masih Kuat


Despian Nurhidayat | Ekonomi

MENTERI Keuangan Sri Mulyani optimistis bahwa momentum pemulihan ekonomi Indonesia masih sangat kuat. Menurutnya, hingga kuartal II 2021, akselerasi pemulihan ekonomi Indonesia cukup meyakinkan.

Namun, penyebaran covid-19 varian Delta membuat pemerintah harus melakukan penyesuaian. Seperti, melaksanakan kebijakan PPKM yang berpengaruh pada momentum pemulihan ekonomi.

"Ini bukan berarti kita menyerah. Kita harus terus merekalibrasi, merevisi dan melakukan penyesuaian. Sehingga, kita yakin dengan momentum pemulihan yang saya yakini masih sangat kuat," papar Ani, sapaan akrabnya, dalam diskusi virtual, Rabu (4/8).

Sumber: Menkeu: Dampak Perubahan Iklim Sama Seperti Pandemi Covid-19

Lebih lanjut, Ani mengatakan vaksinasi sebagai salah satu upaya penting menghadapi pandemi covid-19. Pemerintah pun terus mengakselerasi pemberian vaksin covid-19 secara gratis sesuai program pemerintah.

"Pemerintah sudah melakukan vaksinasi kepada seluruh masyarakat secara masif. Terutama saat supply vaksinnya sudah berada di Indonesia," jelas Bendahara Negara.

Baca juga: LPEM UI Optimis Pertumbuhan Ekonomi Triwulan II 6,2%-6,7%

"Agustus ini kita berambisi untuk meningkatkan. Sehingga, trade off antara pergerakan masyarakat yang identik dengan pemulihan ekonomi dan penyebaran covid-19 bisa dikurangi, bahkan diputus," imbuhnya.

Dirinya menekankan bahwa perjalanan Indonesia tidak berhenti. Sekalipun tengah berhadapan dengan badai pandemi. Memang ada perubahan akibat pandemi covid-19, namun fokus pembangunan Indonesia akan terus berlanjut.

"Pada 2045, Indonesia akan merayakan 100 tahun. Itu akan menjadi milestone yang penting bagi bangsa Indonesia," pungkas Ani.(OL-11)

 

BERITA TERKAIT