30 July 2021, 20:42 WIB

Ekonomi Meksiko Tumbuh 19,6% pada Kuartal Kedua


Mediaindonesia.com | Ekonomi

EKONOMI Meksiko, terbesar kedua di Amerika Latin, tumbuh 19,6% pada kuartal kedua year on year. Ini menurut angka awal yang dirilis Jumat (30/7) oleh badan statistik pemerintah INEGI.

Angka itu telah anjlok 18,7% pada kuartal yang sama tahun lalu karena pandemi virus korona. Analis telah memperkirakan pemulihan yang kuat pada rentang April-Mei karena angka PDB terendah tahun sebelumnya sebagai dasar perbandingan saat manufaktur dan jasa mendapat pukulan besar.

INEGI mengatakan sektor industri, yang menyumbang 30% dari ekonomi Meksiko, naik 28,2% pada kuartal kedua.
Sektor jasa, yang mewakili 60% dari PDB, naik 17%.

Dibandingkan dengan kuartal pertama tahun ini, ekonomi tumbuh moderat sebesar 1,5% setelah naik 0,8% dalam tiga bulan pertama 2021. Ekonomi menyusut 8,5% tahun lalu karena penguncian karena krisis kesehatan memakan banyak korban.

Dalam upaya untuk merangsang perekonomian bank sentral menurunkan suku bunga beberapa kali. Pemerintahan sayap kiri Presiden Andres Manuel Lopez Obrador memilih untuk tidak menurunkan pajak dan sebaliknya berfokus pada pemberian pinjaman mikro bisnis serta pengeluaran sosial dan infrastruktur untuk membantu Meksiko bertahan dari pandemi.

Baca juga: Amazon Cetak Pendapatan Rp1.635 Triliun

Sekarang, baik pemerintah dan bank sentral independen memperkirakan pertumbuhan antara 6% dan 6,5% pada 2021. 
(AFP/OL-14)

BERITA TERKAIT