28 July 2021, 14:24 WIB

Jangan Cuma Punya Akun, UMKM Harus Segera Bertransaksi di Pasar Daring 


Iis Zatnika | Ekonomi

UMKM didorong untuk memperluas sasaran pasarnya dengan mengintensifkan pemasaran lewat daring. Mereka diminta untuk bukan cuma memiliki akun di pasar daring, namun juga segera melakukan kegiatan transaksi, memanfaatkan momentum pandemi yang memaksa warga mengurangi mobilitas dan interaksi fisik. 

Dukungan pada UKM itu diselenggarakan Direktorat Ekonomi Digital, Ditjen Aplikasi Teknologi Informatika, Kementerian Kominfo dengan menggelar Pelatihan dan Pendampingan Active Selling bagi 26.000 UMKM di 10 daerah yang bergerak di sektor produksi dan pengolahan. Kegiatan diselenggarakan mulai Juli 2021 dan resmi dibuka pada Senin (26/7) secara virtual.

“Agar UMKM mampu menopang perekonomian di kala pandemi, bisnis mereka harus pararel antara daring dan luring. UMKM harus memiliki bekal untuk menyongsong derasnya perkembangan digital. Aplikasi pasar daring menjadi perangkat utama juga aplikasi-aplikasi pendukung lainnya untuk membuat proses bisnis lebih efektif dan efisien. Misalnya, media sosial sebagai sarana promosi, agregtor untuk memonitor toko dalam satu aplikasi, kasir dan pembukuan untuk memudahkan pencatatan,” kata Plt. Direktur Ekonomi Digital Kementerian Kominfo I Nyoman Adhiarna.

I Nyoman menegaskan, agar toko daring menghasilkan laba yang besar, UMKM wajib mengoptimalkan berbagai aplikasi pendukung lainnya. Turut hadir dalam acara ini di antaranya adalah Wakil Gubenur Jawa Timur Emil Elestianti Dardak, Bupati Mojokerto Ikfina Fahmawati, Walikota Mojokerto Ika Puspitasari, Bupati Probolingo Puput Tantriana Sari, serta Bupati Jombang Mundjidah Wahab.

Koordinator Adopsi Teknologi Digital UMKM Kementerian Kominfo Sumarno menyatakan tujuan utama kegiatan ini adalah peningkatan pendapatan UMKM. Kegiatan pelatihan ini juga dibarengi dengan survei terhadap 37.000 UMKM untuk menghimpun kondisi terkini dan harapan para UMKM sebagai pijakan kebijakan mendatang. (Zat/OL-09)

BERITA TERKAIT