24 July 2021, 13:41 WIB

Pembuat Kendaraan Listrik Rivian Raih Dana Rp36 Triliun


Mediaindonesia.com | Ekonomi

PRODUSEN kendaraan listrik Rivian pada Jumat (24/7) mengatakan telah mengumpulkan dana segar kembali sebesar US$2,5 miliar atau lebih dari Rp36 triliun. Salah satu pendukung dana itu ialah Climate Pledge Fund dari Amazon. Rivian tengah bersiap untuk memperkenalkan truk pikap ke pasar.

Start-up AS itu telah mengumpulkan sekitar US$10,5 miliar hingga saat ini. Perusahaan tidak mengungkapkan penilaian perusahaan dalam putaran pendanaan terakhir, termasuk dukungan dari Ford Motor Company dan D1 Capital Partners.

Pendanaan datang dari sejumlah pemerintah di seluruh dunia, termasuk Amerika Serikat. Ini menjadikan pengembangan mobil listrik sebagai prioritas dan karena sektor otomotif global mempercepat produksinya.

"Pasokan dana dari mitra tepercaya ini memungkinkan Rivian untuk meningkatkan program kendaraan baru, memperluas jejak fasilitas domestik kami, dan mendorong peluncuran produk internasional," kata kepala eksekutif RJ Scaringe dalam rilis. Rivian menargetkan untuk mulai mengirimkan truk pada pertengahan tahun ini, tetapi produksinya tertunda karena pandemi, menurut laporan media.

Orang-orang yang telah memesan kendaraan edisi peluncuran harus mendengar dari perusahaan bahwa waktu pengiriman pada November. Model Rivian yang tersedia untuk dipesan secara online menunjukkan harga mulai dari US$67.500.

"Kami sangat antusias untuk meningkatkan investasi kami di Rivian saat mencapai titik perubahan dalam komersialisasi dan memberikan sesuatu yang kami yakini akan menjadi produk luar biasa bagi pelanggan," kata pendiri D1 Capital Partners Dan Sundheim dalam rilis.

Ford awal tahun ini menggenjot investasi dalam mobil tanpa emisi dan menetapkan tujuan agar kendaraan listrik sepenuhnya mencapai 40% dari volume pada 2030. Rivian pada Januari mengatakan pihaknya mengumpulkan US$2,65 miliar dalam putaran pendanaan yang menilai perusahaan pada US$26,7 miliar.

Baca juga: Pekan Cerah Bagi Wall Street, Tiga Indeks Utama Catatkan Rekor

Investor pada waktu itu termasuk Climate Pledge Fund milik Amazon dan Fidelity Management and Research, menurut Rivian. Amazon akan meluncurkan van pengiriman bertenaga listrik sendiri yang dipesan dari start-up. (AFP/OL-14)

BERITA TERKAIT