23 July 2021, 20:38 WIB

Industri Kreatif Didorong Masuk E-Commerce, Sudah 8 Juta Pelaku Usaha Terwadahi


Insi Nantika Jelita | Ekonomi

PANDEMI Covid-19 memberikan pukulan telak bagi pelaku usaha kreatif. Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Salahuddin Uno meminta masyarakat untuk menangkap peluang usaha lewat digital.

Menurut Sandiaga, perusahaa e-commerce kini mewadahi 8 juta unit usaha kreatif, penggunaan teknologi dari sisi media sosial pun mencapai 65%, dengan total pengguna internet mencapai sebesar 64%.

"Kami melihat peluang yang terbuka bagi wirausaha muda dalam pengembangan pariwisata dan ekonomi kreatif menuju Indonesia Emas di 2045," kata Menparekraf dalam keterangannya, Jumat (23/7).

Peluang ekonomi kreatif lewat digital di Indonesia dikatakan luas. Sandiaga menyebut, ada sebanyak 175 juta pengguna internet di Indonesia dan ada lebih dari US$135 miliar ekonomi internet Indonesia yang diproyeksi pada 2025.

Meski demikian, Sandiaga menyebut masih banyak usaha anak bangsa maupun produk lokal yang belum terjun di platform e-commerce saat ini.

Baca juga : Bantu 33 Juta Orang, Subsidi Listrik Telah Tersalurkan Hingga Rp19,91 Triliun

Peluang usaha tersebut diharapkannya dapat dimanfaatkan kalangan muda untuk membuka peluang usaha dan lapangan kerja di tengah pandemi covid-19. 

"Ekonomi kreatif (harus) menciptakan semangat kewirausahaan, inovasi dan kreatifitas, serta bagaimana ekonomi kreatif menghadirkan transformasi digital dengan mental enterpreneurship," ucap Politikus Gerindra itu. 

Menparekraf mengaku tengah menyusun sejumlah program yang dapat dikolaborasikan dengan kampus untuk meningkatkan peluang usaha, seperti dengan Universitas PGRI Semarang, yaitu lewat program Pekraf Digital Enterpreneurship (PDE). 

Program tersebut, diharapkannya dapat bisa memberikan pelatihan digital kepada para wirausaha, mulai dari mentoring, hingga pendampingan. (OL-7)

BERITA TERKAIT