23 July 2021, 10:11 WIB

Mengembangkan Kreativitas Iklan Melalui OOH Jaris&K


mediaindonesia.com | Ekonomi

TERDENGAR klise memang, namun bukankah itu yang menjadi tujuan dari suatu peluncuran campaign oleh setiap brand atau merek yang ingin menjual produk atau jasanya ke konsumen?.

Sebuah iklan tentu harus menyertakan unique selling point yang ditonjolkan dengan  beragam cara, melalui penyampaian secara tulisan, gambar ataupun audio visual yang dikemas dan dieksekusi secara kreatif.

Namun, bagimana proses kreatif yang dituangkan ke dalam suatu iklan akhirnya mampu menarik perhatian audience yang ditargetkan?

Setidaknya ada beberapa cara yang harus diperhatikan supaya pesan atau campaign suatu iklan bisa memicu orang untuk membeli produk tersebut . Kita liat bareng-bareng yuk gaes.

Penggunaan Bahasa

Yang pertama perlu diperhatikan dalam membuat iklan adalah dari segi bahasa. Kita bisa  menggunakan bahasa yang lugas dan pilihan kata yang tepat agar pesan dapat dengan jelas tersampaikan. Selain itu, penggunaan bahasa yang persuasif akan dapat menarik minat konsumen untuk membaca iklan.

Dengan membuat headline atau slogan yang unik dan menarik dapat membuat target konsumen menjadi penasaran dan menimbulkan rasa ingin tahu terkait produk tersebut.

Menurut Bachrein Fatihin Kaliwuge salah satu dari jajaran direksi perusaahan advertising OOH Jaris&K, proses kreatif yang output-nya menjadi komunikasi akan lebih diserap oleh target yang kita inginkan adalah bentuk penyampaian pesan yang simple afar mudah diserap

“Semakin itu simple, akan semakin tercapai proses kreatifitas yang terbaik, yang penting goalsnya tercapai”, ujarnya.

Gambar Atraktif

Gambar adalah elemen yang sangat berpengaruh terhadap tampilan visual iklan. Gambar maupun foto merupakan sisi yang harus dibuat paling terlihat.

Oleh karena itu, gambar yang menarik kemungkinan besar akan dilirik konsumen sebelum mereka membaca iklan. Ini dapat disiasati dengan menggunakan foto publik figur atau tokoh tertentu yang dikenal masyarakat.

Menurut Komarudin Fuad selaku CEO Jaris&K, penggunaan OOH di negara maju sudah sangat digemari  dan selalu dijadikan pilihan utama setiap brand untuk beriklan.

“Di negara-negara maju seperti Perancis, Inggris, dan Amerika Serikat,  platfrom yang paling banyak digunakan adalah OOH dan yang kedua barulah digital. Kenapa tidak digital menjadi yang utama? Karena digital itu sangat rentan pada skip viewer, tapi kalau di OOH  hal itu tidak bisa terjadi karena OOH tidak bisa di skip. OOH adalah channel yang akan menjadi sesuatu di masa depan,” katanya.

Memperhatikan Detail

Detail yang dimaksud bisa berhubungan dengan berbagai hal, misalnya ukuran font, jenis font, gaya penulisan, kombinasi warna, dan lain sebagainya. Contohnya dalam  iklan produk permen lolipop, akan lebih baik jika menggunakan kombinasi warna background dengan warna-warna cerah ketimbang warna yang gelap. Ini sesuai dengan images lolipop yang digambarkan membawa keceriaan.

Memberikan Penawaran

Agar konsumen tertarik membeli barang atau menggunakan jasa yang ditawarkan, tidak ada salahnya untuk memberikan penawaran berupa menyediakan potongan harga, bonus produk, garansi, dan lain sebagainya.

Mencantumkan Informasi Produk

Sebuah iklan juga perlu memberikan informasi penting secara mendetil mengenai produk yang dipasarkan. Hal penting yang perlu disertakan adalah, jenis produk, komposisi, harga produk, serta keunggulan atau manfaat produk tersebut. Jangan lupa juga untuk menyertakan informasi tambahan seperti, kontak pemesanan dan alamat kantor.

Memilih Tempat Beriklan

Nah, jika semua poin-poin tersebut sudah dilakukan namun tetap tidak dapat menarik konsumen, mungkin terjadi kesalahan  tempat dalam memasang iklan. Lokasi penempatan iklan yang strategis ternyata juga sangat berpengaruh terhadap efektifitas dan daya beli konsumen.

Hendy Drajat selaku bagian dari direksi Jaris&K mengatakan “Posisi media Jaris&K kita berada di titik premium di daerah Jakarta mau tidak mau brand yang kita sasar di level premium, namun masalahnya tidak semua brand premium itu punya budget untuk spending di platform OOH, inilah yang kita tuju."

"Profile dari target market yang kita sasar. Kita memiliki produk premium dan memberikan banyak benefit untuk para brand,” tambanya.

Untuk itulah sebagai salah satu media luar ruangan yang menyediakan platform Digital Out Of Home Advertising, Jaris & K menghadirkan solusi agar iklan yang dipasang mampu menjangkau target audience secara luas.

Bertempat di lokasi yang strategis di sepanjang jalur MRT dari mulai Stasiun MRT ASEAN hingga Stasiun MRT Lebak Bulus, Bandara Halim Perdana Kusuma dan Bandara Internasional Kualanamu, serta spot di Hotel Mercure Gatot Soebrot, sudah pasti tidak akan salah pilih tempat untuk beriklan.

Tentang Jaris&K

Jaris&K adalah salah satu dari lini bisnis perusahaan dari K-Group milik PT Trimedia Imaji Rekso Abadi yang bergerak di bidang advertising agency sejak tahun 2019. Dipimpin oleh Komarudin Fuad, Hendy Drajat dan Bachrein Fatihin Kaliwuge. Ketiganya memiliki penglaman masing-masing dalam menjalankan bisnis di dunia advertising, marketing, dan brand strategy campaign. Cari tahu lebih lanjut: https://jarisnk.com/our-works/. (RO/OL-09)

 

BERITA TERKAIT