22 July 2021, 16:56 WIB

Agenda RUPSLB BRI tidak Bahas Pengunduran Diri Ari Kuncoro


Insi Nantika Jelita | Ekonomi

DALAM Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa (RUPSLB) PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk secara virtual, tidak membahas agenda pengunduran diri Rektor Universitas Indonesia Ari Kuncoro sebagai Wakil Komisaris Utama/Komisaris Independen BRI.

"Dalam agenda rapat ini hanya tunggal. Menyetujui rencana penerbitan penambahan modal melalui hal pemesanan efek terlebih dahulu," ujar Direktur Utama BRI Sunarso dalam konferensi pers RUPSLB, Kamis (22/7).

Sunarso pun membeberkan alasan tidak adanya agenda pembahasan pengunduran diri Ari Kuncoro. Perseroan dikatakannya masih memproses pengajuan pengunduran diri tersebut. Sehingga, membutuhkan waktu dan tidak bisa langsung dibahas dalam RUPLSB BRI pada hari ini.

Baca juga: Rektor UI Ari Kuncoro Mundur dari Wakil Komisaris Utama BRI

"Yang jelas surat pengunduran dirinya kami terima dari Kementerian BUMN hari ini. Jadi suratnya ditujukan kepada Menteri BUMN. Dari Menteri BUMN menyurati kepada BRI untuk melakukan tindak lanjut secara administratif sesuai ketentuan," jelas Sunarso.

Adapun, waktu untuk mengadakan RUPS kembali dengan agenda pembahasan perombakan jajaran dewan komisaris atau direksi perseroan sekitar lebih dari sebulan.

Baca juga: BI Masih Pertahankan Suku Bunga Acuan di Level 3,5%

"Sesuai prosedurnya tidak memungkinkan untuk mengubah agenda RUPS dalam waktu hitungan hari. Paling tidak dibutuhkan waktu 45 hari. Maka, agenda rapat ini hanya satu," imbuhnya.

Diketahui, Ari Kuncoro resmi mengajukan pengunduran diri sebagai Wakil Komisaris Utama/Komisaris Independen BRI pada Kamis (22/7) ini. Hal itu diumumkan oleh BRI dalam Keterbukaan Informasi Bursa Efek Indonesia (BEI).

Nama Ari Kuncoro belakangan santer dibicarakan jagat maya, karena kontroversi rangkap jabatan. Dalam hal ini, dia menjabat rektor Universitas Indonesia, sekaligus memegang jabatan di perusahaan BUMN.(OL-11)

 

BERITA TERKAIT