21 July 2021, 21:20 WIB

Pemerintah Siapkan Rp55,21 Triliun untuk Program Tambahan PPKM


Despian Nurhidayat | Ekonomi

MENTERI Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto mengatakan bahwa pemerintah telah menyiapkan alokasi dana sebesar Rp55,21 triliun untuk beberapa program tambahan di masa PPKM.

"Pemerintah mempersiapkan alokasi anggaran Rp55,21 triliun. Anggaran ini terkait penambahan program seperti kartu sembako, diskon listrik, internet, prakerja, bantuan Bulog, kartu sembako PPKM, dan lainnya," ungkapnya dalam konferensi pers virtual, Ravu (21/7).

Lebih lanjut, Airlangga menambahkan bahwa pemerintah juga akan menyiapkan insentif sebesar Rp1,2 juta untuk 1 juta pelaku usaha mikro.

Menurutnya, pelaksanaan program bantuan di masa PPKM ini diprioritaskan untuk wilayah PPKM level 4 dan mekanisme pembagian bantuan masih disiapkan yang akan melibatkan TNI dan Polri dalam pelaksanaannya.

"Penambahan program kartu sembako dan lainnya diprioritaskan di daerah PPKM level 4 yang berlaku," ujar Airlangga.

Airlangga juga menegaskan bahwa pemerintah akan terus memantau pelaksanaan PPKM level 4 yang akan berlaku sampai 25 Juli 2021. Jika terjadi penurunan kasus harian, kemungkinan besar pemerintah akan melakukan pembukaan kegiatan di beberapa sektor.

Baca juga: Pemerintah Larang Tenaga Kerja Asing Masuk Indonesia

"Sesuai arahan Bapak Presiden, apabila sampai 25 Juli 2021 tren penurunan kasus terus terjadi, akan dilakukan pembukaan secara bertahap di berbagai sektor seperti pasar tradisional, pedagang kaki lima, toko kelontong, dan lainnya," pungkasnya. (OL-14)

BERITA TERKAIT