19 July 2021, 15:46 WIB

Jelang Idul Adha, Pertamina Pastikan Stok BBM-LPG di Jawa Aman


Insi Nantika Jelita | Ekonomi

Menjelang Idul Adha 1442 H pada Selasa (20/7) dan di tengah masa Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat, Pertamina memastikan pasokan bahan bakar minyak (BBM), LPG, dan Avtur khususnya di wilayah Jawa, yakni Jawa Tengah dan Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) berjalan lancar.

Unit Manager Communication, Relations, & Corporate Social Responsibility (CSR) Pertamina Pemasaran Regional Jawa Bagian Tengah Brasto Galih Nugroho menuturkan, proses bisnis Pertamina masuk dalam kategori kritikal untuk melayani kebutuhan pasokan energi bagi masyarakat.

“Hingga saat ini ketersediaan BBM dan LPG aman di seluruh lembaga penyalur resmi Pertamina, seperti SPBU, Pertashop dan agen BBM dan LPG," ungkapnya dalam keterangan resmi yang dikutip Senin (19/7).

BBM, LPG dan avtur di wilayah Jawa Tengah dan DIY dipasok dari Fuel dan LPG Terminal, Depot Pengisian Pesawat Udara (DPPU) dan fasilitas booster BBM pun tersedia berada di beberapa lokasi. Seperti berada di kota Semarang, kabupaten Blora, kota Solo, kabupaten Boyolali, kabupaten Kebumen, kabupaten Cilacap, kabupaten Tegal, kabupaten Bantul dan kabupaten Kulon Progo.

"Distribusi BBM, LPG dan Avtur banyak dilakukan lintas kota/kabupaten menggunakan mobil tangki dan pipa,” tambah Brasto.

Sebagai perusahaan yang masuk ke dalam kategori kritikal saat PPKM Darurat, dia memastikan operasional kerja berjalan 100% di instalasi objek vital nasional maupun lembaga penyalur Pertamina, seperti Fuel & LPG Terminal, Depot Pengisian Pesawat Udara (DPPU), Stasiun Pengisian dan Pengakutan Bulk Elpiji (SPPBE), Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU), Pertashop dan agen BBM/LPG.

Lebih jauh, Brasto menekankan bahwa Pertamina akan menerapkan protokol kesehatan selama beroperasi kerja guna mengerem peningkatan penularan covid-19. 

“Untuk itu operasional lembaga penyalur seperti SPBU, Pertashop, Agen BBM/LPG dan lainnya tetap berjalan normal dengan penerapan protokol kesehatan ketat,” ujarnya.

Transaksi cashless atau tanpa uang tunai juga dapat dilakukan di SPBU juga diberlakukan dengan menggunakan aplikasi MyPertamina.

“Cara penggunaan adalah menggunakannya dari dalam kendaraan untuk kendaraan roda empat atau lebih atau dengan jarak minimal 1,5 meter dari dispenser BBM untuk kendaraan roda dua,” pungkasnya. (OL-8)

 

BERITA TERKAIT