18 July 2021, 23:45 WIB

Ritel Produk Ibu dan Anak Asal Jepang Makuku Family Hadir di Indonesia


Ghani Nurcahyadi | Ekonomi

LEWAT  PT Lucky Mom Indonesia, jenama produk ibu dan anak asal Jepang, Makuku Family hadir untuk memenuhi kebutuhan orang tua millenial dengan membuka gerai di ndonesia. Lokasi gerai yang siap dikunjungi  antara lain Emporium Mall Pluit Jakarta Utara, Greenville Jakarta Barat, Harapan Indah Bekasi , Sitanala Tangerang, Setiabudi Bandung, Surabaya, Semarang, Purwokerto. 

Makuku Family masih akan membuka gerai lain dengan total 200 gerai di seluruh Indonesia. Ekspansi ritel ini berfokus pada penyediaan produk-produk kebutuhan orang tua, bayi, dan anak-anak. Ini merupakan bentuk komitmen Makuku untuk menjadi sahabat akrab bagi para orang tua di Indonesia dan menyediakan produk berkualitas yang sesuai dengan kebutuhan anak-anaknya.

Dalam masa Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM), gerai-gerai Makuku Family yang berada di dalam pusat perbelanjaan untuk sementara tidak beroperasi namun tetap dapat melayani pembelian secara online. 

Makuku Family dikenal di Jepang sebagai jenama pakaian anak-anak yang digagas oleh Etsuko Kondo dan James Wang. Jaringan retail ini kemudian dibawa ke Indonesia dan dipimpin oleh Jason Lee sebagai CEO Makuku Indonesia dengan standar Jepang. Jason Lee sebelumnya telah berhasil mengembangkan OPPO Indonesia. 

“Mall Emporium merupakan pusat perbelanjaan pertama yang dipilih sebagai lokasi perdana gerai Makuku Family, dan kedepannya saya berharap Makuku Family dapat terus memberikan produk dan layanan terbaik untuk seluruh orang tua di seluruh penjuru Indonesia. Makuku Family lebih dari sekedar bisnis, kami ingin menjadi sahabat dekat dan juga problem solver permasalahan orang tua dan anak di keluarga Indonesia,” ujar Jason dalam keterangannya.

Makuku saat ini tengah mengembangkan kerja sama dengan beberapa rumah sakit maupun konsultan Kesehatan Ibu dan Anak untuk memberikan para konsumen solusi yang professional atas permasalahan yang terjadi.  Saat ini telah terjalin beberapa kerja sama dengan rumah sakit ibu dan anak terbaik di Jakarta, salah satunya  RS Carolus Salemba. 

Selanjutnya Makuku Family masih akan bekerja sama dengan beberapa rumah sakit dan beberapa konsultan lainnya. Tujuan dari Kerjasama ini adalah untuk memberikan solusi terbaik atas permasalahan orang tua.

Baca juga : LandX Dominasi Total Dana Tersalurkan di Kategori Equity Crowd Funding
 
“Sebagai Rumah Sakit Sayang Ibu dan Bayi, RS St. Carolus terus berkomitmen untuk memberikan pelayanan yang baik bagi ibu hamil, melahirkan, dan menyusui. Kami melihat bahwa Makuku Family memiliki komitmen yang sama dengan RS St. Carolus, yaitu dengan menyediakan informasi dan pengetahuan seputar perawatan bayi” ungkap Surya Rama, Kepala Biro Pengembangan dan Pemasaran RS Carolus Salemba.
 
Selain itu, Makuku Family juga memilih Chelsea Olivia sebagai Brand Ambassador karena citranya sebagai figure publik yang banyak menginspirasi dan cocok menggambarkan karakteristik target pasar Makuku Family yakni millenial. 

“Aku excited sekali bisa mewakili Makuku Family sebagai duta jenama mereka. Buat aku suatu kebanggaan bisa menjadi bagian dari mereka karena aku tahu tujuan mereka ingin membantu millennial parents yang masih membutuhkan bimbingan dan juga support. Yang pasti bukan hanya dari produknya aja tapi juga dari ahlinya. Jadi melalui Makuku, millennial parents bisa konsultasi dengan dokter dan memilih produk yang cocok untuk si kecil," kata Chelsea.

Untuk pasar Indonesia, Makuku Family berkembang sebagai gerai one-stop untuk semua kebutuhan orang tua, bayi, dan anak-anak. Tak tanggung-tanggung, Makuku Family mulai memilih produk dari seluruh negara dan memilih produk terbaik dari masing-masing negara untuk produk kebutuhan ibu dan anak, dan bekerjasama dengan brand tersebut. 

Mitra tersebut antara lain Béaba dari Amerika, Pouch dari Jerman, Oz Farm dari Australia, Inglesina dari Italia, Mustela dari Prancis, Farlin dari Taiwan, dan B&B dari Korea Selatan.

Makuku Family juga memiliki empat IP (Icon Product) yang direpresentasikan dengan kucing. Nama IP tersebut adalah Jason, Fiana, dr. white, dan Lucky. IP tersebut akan berkolaborasi dengan ikon kartun asal Jepang, Doraemon. Ikon ini juga siap mewarnai berbagai produk di gerai Makuku Family. 

Karakter tokoh Doraemon dipilih dalam kolaborasi Makuku X Doraemon karena gambarnya yang menggemaskan untuk anak-anak dan ada nuansa nostalgia untuk orang tua muda. Saat ini pelanggan juga dapat menemukan produk yang ditawarkan Makuku Family secara online di Official Store Makuku Family di sejumlah platform markerplace. (RO/OL-7)

BERITA TERKAIT