16 July 2021, 13:19 WIB

Media Group dan PT Telkom Jalin Kerja Sama Digital


Fachri Audhia Hafiez | Ekonomi

MEDIA Group dan PT Telekomunikasi Indonesia (Persero) Tbk (Telkom) menjalin kerja sama di ranah digital. Kerja sama ini meliputi kerja sama bisnis untuk solusi IT, network, digital service, serta layanan atau produk relevan lainnya.

Kerja sama ini diwujudkan dengan penandatangan nota kesepahaman atau memorandum of understanding (MoU) antara kedua belah pihak yakni, VP Group News and Media & President Director Metro TV Don Bosco Selamun dan Direktur Enterprise & Business Service PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk Edi Witjara. 

Kegiatan tersebut dilaksanakan secara virtual, Jumat (16/7).

Edi Witjara menyambut baik kerja sama di bidang bisnis digital itu. Sinergi itu diharapkan jadi sebuah kolaborasi besar dalam memperkuat sektor digital yang kian berkembang.

"Kita tidak hanya inisiatif kerja sama dalam bentuk yang riil bisnisnya saja, tapi how to maximize value, kita masing-masing yang harus bisa kita wujudkan," ucap Edi.

MoU itu, kata Edi, sejalan dengan langkah PT Telkom Indonesia. Perusahaan pelat merah itu terus bertransformasi serta memperkuat layanan digital.

Salah satu program andalan yang dimiliki PT Telkom Indonesia yakni digital conectivity yang mencakup infrastruktur. Salah satunya yakni, jaringan fiber optik.

"Kita juga punya yang sifatnya di laut, kabel laut, yang sampai saat ini Telkom sudah punya panjangnya mungkin 4 kali bumi," ucap Edi.

Layanan lain dalam lingkup digital conectivity yakni satelit, data center, dan cloud. Layanan tersebut bakal bermanfaat dalam digital service perusahaan.

"Mudah-mudahan kita bisa juga mendukung langkah bisnis di Media Group dari PT Telkom Indonesia, yang tentunya bagaimana upaya perusahaan berupaya untuk meningkatkan efektivitas serta meningkatkan cost-nya, begitu," ujar Edi.

Baca juga: Media Group dan BNPT Kolaborasi Tangkal Pandemi Radikalisme

VP Group News and Media & President Director Metro TV Don Bosco Selamun mengatakan kerja sama itu sebagai bentuk saling melengkapi antara kedua belah pihak. PT Telkom Indonesia kaya jaringan, platfrom, dan layanan digitalnya. Media Group sebagai penyedia konten.

"Kita akan menemukan benefit bersama. Kita sadar betul bahwa kita punya perbedaan dan saling melengkapi," ujar Don Bosco.

Don Bosco menilai kerja sama dengan PT Telkom Indonesia merupakan langkah tepat untuk mampu mengikuti arus perkembangan teknologi. Media Group mengapresiasi PT Telkom Indonesia yang sudah membuka ruang kerja sama tersebut.

"Kami sangat merasakan merasa sangat bangga dan sangat dihargai. Karena kemudian Telkom membuka pintu kerja sama. Ini sesuatu yang luar biasa dan kami yakin ada manfaat dan benefit untuk kita semua," ucap Don Bosco.

CEO Media Group Mohammad Mirdal Akib mengibaratkan penandatanganan MoU itu sebagai pertemuan antara botol dengan tutupnya. Kekuatan masing-masing perusahaan dikawinkan menjadi sebuah peluang besar memperkuat unit layanan yang sudah ada.

"Kita melihat ada peluang yang bisa kita kolaborasikan, dari sisi konten kita main. Karena ada peraturan dan regulasi, kita perlu main di infrastruktur. PT Telkom Indonesia kuat dalam hal itu," ujar Mirdal.

Mirdal berharap Media Group menjadi mitra strategis PT Telkom Indonesia dalam pengembangan bisnis ke depan, begitu juga sebaliknya. Dua kekuatan perusahaan ini punya visi yang senada dan memudahkan kolaborasi di masa depan.

"Harapan kami, kita bisa tumbuh bersama karena visi kita sama, Media Group itu seperti BUMN yang swasta. Karena tujuannya juga memberi manfaat untuk bangsa dan negara," kata Mirdal. (A-2)

BERITA TERKAIT