15 July 2021, 23:52 WIB

300 Ribu Pake Obat Covid-19 akan Dibagikan di Luar Jawa dan Bali


Insi Nantika Jelita | Ekonomi

PEMERINTAHmeluncurkan 300 ribu paket obat terapi covid-19 gratis ke masyarakat yang berada di Pulau Jawa dan Bali . Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir pun memastikan pemberian paket obat itu akan disalurkan di luar Jawa dan Bali untuk pasien covid-19 yang bergejala ringan.

"Di tahap awal, akan dibagikan 300 ribu paket untuk wilayah Jawa dan Bali. Tahap selanjutnya, 300 ribu paket untuk luar Jawa Bali," kata Erick dalam akun media sosialnya, Kamis (15/7).

Paket-paket ini ditegaskan olehnya bukan untuk diperjualbelikan. Menteri BUMN juga mengatakan, pemberian bantuan obat ini akan diprioritaskan untuk kalangan masyarakat tidak mampu.

Ada tiga jenis paket yang disiapkan pemerintah yang diperuntukan bagi masyarakat yang terjangkit covid-19 dengan masing-masing untuk kebutuhan 7 hari. Paket pertama yang kotaknya berwarna biru untuk orang tanpa gejala (OTG).

Paket kedua yang berwarna hijau untuk orang dengan gejala panas dan kehilangan penciuman. Paket tiga yang kotaknya berwarna oranye diberikan kepada warga dengan gejala panas dan batuk kering.

"Kami ingin masyarakat yang Isoman segera sembuh dari Covid-19. Kesiapan obat dan vitamin untuk paket-paket ini akan saya kawal," kata Erick.

Dihubungi terpisah, Kepala Suku Dinas Kesehatan Jakarta Utara Yudi Dimyati mengaku pihaknya sudah menyalurkan paket obat gratis terapi covid-19 ke masyarakat. Ada tiga kelurahan yang akan dibagikan terlebih dulu untuk mendapatkan bantuan pemerintah itu.

"Tiga kelurahan itu ada di Sunter Agung, Sunter Jaya dan Kebon Bawang. Minggu depan baru dibagikan lagi ke kecamatan lain," sebutnya. (OL-8)

BERITA TERKAIT