14 July 2021, 22:09 WIB

PUPR : Rusun Undiksha Bali Banyak Diminati Mahasiswa


Insi Nantika Jelita | Ekonomi

KEMENTERIAN Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) menyelesaikan pembangunan Rumah Susun (Rusun) Universitas Pendidikan Ganesha (Undiksha) di Buleleng, Bali.

Rusun tersebut diminati mahasiswa dan sudah dihuni sebanyak 43 unit dari daya tampung sebanyak 84 orang mahasiswa. Pembangunan Rusun Undiksha bersumber dari APBN senilai Rp16,26 miliar.

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono mengatakan pihaknya mendapat tugas dari Presiden Joko Widodo untuk memperhatikan infrastruktur pendukung pendidikan seperti hunian mahasiswa dan santri.

"Dengan dibangunnya rusun ini diharapkan dapat membantu para mahasiswa untuk mendapatkan asrama yang layak selama proses belajar mengajar dan mencetak Sumber Daya Manusia (SDM) yang unggul," kata Basuki dalam keterangannya, Rabu (14/7).

Direktur Jenderal Perumahan Kementerian PUPR Khalawi Abdul Hamid mengatakan, pembangunan hunian vertikal menjadi solusi bagi keterbatasan lahan.

"Keterbatasan lahan untuk perumahan semakin nyata dan rumah susun merupakan salah satu solusi agar pemanfaatan lahan yang ada bisa optimal," ucapnya.

Rusun Undiksha terdiri satu tower setinggi tiga lantai dengan jumlah unit hunian 43 unit tipe 24 dan saat ini proses pembangunan di lapangan telah selesai.

"Fasilitas yang ada di rusun juga sudah lengkap sehingga mahasiswa tinggal masuk membawa pakaian dan fokus belajar bersama teman-teman," ujar Khalawi.

Dengan rampungnya kegiatan pembangunan dan fasilitas pendukung Rusun mahasiswa Universitas Pendidikan Ganesha, Kementerian PUPR beberapa waktu lalu telah melaksanakan Serah Terima Pemanfaatan Rumah Susun ke pihak universitas selaku pihak pengelola .

Wakil Rektor Bidang Perencanaan, Administrasi, Keuangan, dan Sumber Daya Manusia Undiksha, I Wayan Lasmawan menyambut penyerahan pemanfaatan Rusun dan menyatakan pihaknya sudah membentuk tim pengelola.

Lasmawan berharap Rusun Undiksha ini nantinya bentul-betul menjadi sentral pendidikan karakter bagi para penghuni.

“Rusun ini sudah ditempati mulai 1 Juli 2021. Berdasarkan data yang ada, rusun yang dibangun satu tower ini ini nantinya bisa menampung sebanyak 84 orang mahasiswa. Antusiasme mahassiswa sangat tinggi," tandasnya. (OL-8)

 

BERITA TERKAIT