29 June 2021, 23:19 WIB

Soal Kabar Kartu Kredit Pertamina Capai Rp420 M, Ini Kata Ahok      


Insi Nantika Jelita | Ekonomi

KOMISARIS Utama Pertamina Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok angkat bicara soal laporan adanya dugaan kartu kredit Pertamina mencapai Rp420 miliar. 

Dia mengaku tidak mengetahui pasti soal kabar tersebut. Ahok menyebut bahwa limit kredit yang dimiliki Dewan Komisaris Pertamina sebesar Rp30 miliar. 

"Kami belum resmi dapat bukti ini (laporan kredit Rp420 miliar)," kata Ahok kepada Media Indonesia, Selasa (29/6).

Ahok mengaku fasilitas kartu kredit bagi dewan komisaris Pertamina sudah dicabut. Usulan penarikan kartu kredit itu semula dilontarkan Ahok dalam Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS) Pertamina pada Senin (14/6).

Baca juga : Kementan Latih UMKM Pangan Lokal Tingkatkan Kapasitas 

Kala itu, Mantan Gubernur DKI Jakarta menegaskan tidak ada penolakan dari dewan komisaris dan direksi Pertamina soal dicabutnya fasilitas kartu kredit untuk efisiensi anggaran.

"Dewan komisaris sudah setop semua (fasilitas kartu kredit) dan tutup di Bank Mandiri. Yang direksi perlu dipertanyakan (apakah sudah mencabut kartu kredit atau belum)," tandas Ahok. 

Sebelumnya, Ahok menjelaskan, penggunaan fasilitas kartu kredit berpotensi memiliki penyalahgunaan yang besar dan dianggap tidak berkontribusi penting dalam pengelolaan keuangan Pertamina.

"Iya (berpotensi penyalahgunaan). Tapi kami tidak perlu sampaikan detail masalah yang ada," ujarnya pada (15/6) lalu. (OL-7)

BERITA TERKAIT