28 June 2021, 02:25 WIB

Lima Inspirasi Bisnis Potensial Tahun Ini


Putri Rosmalia Octaviyani | Ekonomi

MEMULAI bisnis bukan hal yang mudah. Diperlukan riset dan persiapan yang matang agar bisnis bisa berjalan, bertahan, dan tetap menguntungkan dalam jangka panjang.

Setiap bisnis harus dilakukan dengan menyesuaikan kemampuan, minat, hingga kondisi pasar. Tren dan pergerakan minat masyarakat tak boleh diabaikan ketika akan menjalankan bisnis.

Dilansir dari techradar.com, Jumat, (25/6), berikut lima pilihan bisnis yang potensial untuk mulai dibangun di tahun ini.

1. E-commerce

E-commerce atau toko daring merupakan salah satu jenis bisnis yang sangat potensial. Kemajuan teknologi hingga terbatasnya aktivitas akibat pandemi membuat peluang toko daring untuk sukses semakin terbuka lebar. Toko daring yang dibangun dengan teknologi mumpuni serta pilihan jenis barang yang berkualitas atau variatif akan semakin berpeluang untuk bisa meraih keuntungan.

2. Jasa Kelas Softskill Daring

Softskill atau kemampuan nonakademik tak dipungkiri sangat dibutuhkan untuk dimiliki oleh semua calon pencari kerja. Buatlah pilihan kelas dan jasa konsultasi atau bimbingan kelas pengembangan sofskill secara daring atau luring. Pilih materi yang paling banyak sedang dibutuhkan. Misalnya desain grafis, mengelola web, dan lain-lain. Libatkan pakar di setiap bidang untuk meningkatkan kualitas pengajaran.

3. Re-seller

Re-seller atau perpanjangan tangan produsen produk merupakan bisnis yang sangat menjanjikan saat ini. Dengan semakin menjamurnya toko daring dan produk-produk buatan lokal atau internasional yang bersaing di pasaran, akan sangat dibutuhkan re-seller guna mempermudah penjualan. Menjadi re-seller juga praktis dan tak membutuhkan modal besar.

4. Katering atau Resto Kuliner Sehat

Gaya hidup sehat semakin diminati oleh banyak orang. Khususnya oleh para kalangan pekerja di kota besar. Perubahan pola hidup sehat tersebut dapat dilirik sebagai peluang bisnis menjanjikan. Katering atau jasa pembuatan produk kuliner sehat yang lezat dan terpercaya akan banyak dicari.

 

5. Desain Grafis

 

Kalau memiliki kemampuan desain grafis, membuka jasa pembuatan logo, flyer, atau produk lain yang membutuhkan desain akan sangat menjanjikan. Pekerjaan tersebut bisa dilakukan secara freelance dan tak terikat seperti pekerja kantoran. (OL-14)

BERITA TERKAIT