25 June 2021, 19:47 WIB

Panasonic Jual Seluruh Saham di Perusahaan Mobil Listrik Tesla


Mediaindonesia.com | Ekonomi

PANASONIC mengatakan pada Jumat (25/6) bahwa mereka telah menjual seluruh sahamnya di raksasa mobil listrik AS Tesla. Perusahaan Jepang itu meraup sekitar US$3,6 miliar dari aksi tersebut.

Seorang juru bicara mengatakan penjualan senilai sekitar 400 miliar yen selesai pada tahun fiskal yang berakhir pada Maret lalu tanpa menyebutkan lebih lanjut.

"Perusahaan memberi tahu Tesla tentang penjualan tersebut," juru bicara Yayoi Watanabe mengatakan kepada AFP.

Panasonic memasok Tesla dengan baterai yang dibuat di pabrik raksasa, negara bagian Nevada, AS. "Langkah itu tidak memengaruhi kemitraan dengan Tesla dan kami terus menjaga hubungan baik," ujar Watanabe.

Dia mengatakan dana tersebut akan digunakan untuk investasi pertumbuhan masa depan. Ia menolak mengomentari laporan bahwa uang tersebut untuk membiayai akuisisi Panasonic atas perusahaan perangkat lunak AS, Blue Yonder.

 

Panasonic mengumumkan pada April bahwa mereka akan membeli perusahaan rantai pasokan AI seharga US$7,1 miliar. Ini menjadikannya anak perusahaan yang sepenuhnya dimiliki dan menjadi salah satu akuisisi terbesar dalam sejarah perusahaan Jepang. (AFP/OL-14)

BERITA TERKAIT