23 June 2021, 21:00 WIB

Produksi Lada Bangka Belitung Ditarget Mencapai Tiga Ribu Ton


Mediaindonesia.com | Ekonomi

Produksi hasil panen lada petani di Kabupaten Bangka Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, ditargetkan mencapai 3.000 ton pada musim panen 2021, dari petani yang tersebar di wilayah kecamatan daerah tersebut.

Kepala Bidang Perkebunan Dinas Pangan dan Pertanian Kabupaten Bangka Subhan di Sungailiat, Rabu (23/6) mengatakan target produksi panen lada itu untuk area kebun lada seluas kurang lebih 3.800 hektare.

"Saya optimistis target tersebut dapat tercapai untuk pemenuhan kebutuhan pasar dan meningkatkan kesejahteraan petani," kata Subhan.

Ia mengatakan saat ini mulai memasuki musim panen lada di sejumlah wilayah kecamatan dengan puncak panen diperkirakan terjadi dalam beberapa minggu ke depan.

"Untuk menghasilkan lada berkualitas baik, pola pengelolaannya harus benar-benar tepat mulai dari perendaman sampai dengan penjemuran," jelasnya.

Menurut Subhan, perawatan tanaman lada memerlukan penanganan yang maksimal dengan pemberian pupuk berimbang, penyemprotan serta dari awal melakukan pemilihan bibit unggul.

"Sekitar tanaman lada dapat ditanami dengan tanaman bermanfaat seperti, cabai, terung dan jenis sayuran yang tidak mengganggu pertumbuhan tanaman lada," katanya. (Ant/OL-12)

BERITA TERKAIT