21 June 2021, 17:15 WIB

Kiat Menghindari Investasi Kripto Bodong


Mediaindonesia.com | Ekonomi

INVESTASI aset kripto memang sempat menjadi perbincangan sejak akhir tahun lalu. Sayangnya, animo masyarakat yang tinggi terhadap komoditas ini tidak dilengkapi dengan pengetahuan dan wawasan yang memadai. Tidak sedikit masyarakat yang akhirnya rugi karena tergiur iming-iming keuntungan yang menggiurkan dari investasi kripto bodong.

Diungkapkan Ketua Satgas Waspada Investasi Tongam L Tobing, pihaknya telah membekukan kegiatan dari 62 entitas aset kripto ilegal. Modus yang digunakan investasi kripto bodong tersebut beragam. Ada yang menawarkan bunga per hari, per pekan, hingga membuat sistem multi level marketing (MLM) seperti piramida. Sehingga, makin banyak orang yang diajak, semakin besar pula keuntungan yang akan didapat.  

Baca juga: Pelaku Penipuan Investasi Lucky Star Rp15,6 Miliar Ditangkap

Untuk itu,  Head of Community Zipmex Indonesia Andi memberikan beberapa kiat untuk menghindari investasi kripto bodong. Pertama, berinvestasilah di Platform yang Terdaftar Bappebti. "Jangan membeli aset atau berinvestasi di perusahaan yang tidak terdaftar Bappebti. Sebab, akan besar kemungkinan dana Anda lenyap atau mungkin disalahgunakan," ujarnya.

Kedua, pilihlah aset kripto yang tepat. Ketiga, waspada skema ponzi, karena  itu salah satu modus penipuan paling marak yang terjadi di bidang keuangan. Keempat, belajar dan mencari wawasan. Dan terakhir, atau kelima bergabung dengan komunitas yang tepat.

"Anda yang berminat untuk mencari teman berbagi informasi dan wawasan mengenai aset kripto bisa bergabung dalam Zipmex Troops. Zipmex Troops adalah komunitas yang bertujuan memberikan inklusi dan akses keuangan tanpa batas yang diluncurkan pada 18 Juni 2021 oleh Zipmex Indonesia. Komunitas ini dibangun untuk membantu anggotanya mencapai kebebasan finansial dan melahirkan investor-andal di Indonesia," kata Andi.

"Kita berharap semua orang memiliki akses menuju kebebasan finansial dan Zipmex Troops mengakomodasi hal itu. Salah satu misi kami adalah meruntuhkan dinding penghalang yang membatasi akses masyarakat ke aset digital," imbuhnya.

Bersama Zipmex Troops, dapatkan akses belajar investasi aset kripto bersama ribuan anggota komunitas lainnya dan para ahli di bidangnya tanpa dipungut biaya. Menariknya, Zipmex Troops juga memiliki beragam program bagi para anggotanya. Mulai dari onboarding bulanan, informasi aset kripto harian, laporan pasar dan sinyal perdagangan setiap dua minggu sekali, dan juga mentorship. (RO/A-1)

 

BERITA TERKAIT