18 June 2021, 19:17 WIB

Dorong Kedaulatan Pangan, Erick Tinjau Program Petani Berdaya


Ghani Nurcahyadi | Ekonomi

MENTERI Badan usaha Milik Negara Erick Thohir dan Direksi Bank Mandiri melakukan agenda kunjungan serta temui para petani binaan program petani berdaya MAI Foundation di Desa Neglasari, Kecamatan Pamarican, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat.

Program petani berdaya yang sudah berjalan lebih dari 1 tahun di Kecamatan Pamarican, memberdayakan 165 petani sebagai penerima manfaat. Kriteria dari penerima manfaat program ini diantaranya adalah mereka yang belum bankable (tidak bisa menerima pinjaman KUR), statusnya petani pra sejahtera serta memiliki potensi produktifitas dalam menggarap sawah yang selama ini dibiayai tengkulak.

Kegiatan Menteri BUMN berikutnya yaitu menyambangi PT Mitra Desa Pamarican (MDP), pengelola pabrik penggilingan padi modern yang dibangun dengan dana CSR Bank Mandiri. Dalam sela-sela kegiatan tersebut, Menteri BUMN menyempatkan menemui langsung para petani binaan MAI yang juga sebagai anggota Gapoktan dari mitra salur gabah MDP.

Baca juga : RI Ekspor Produk Olahan Tempe ke Jepang

Pada program petani berdaya, MAI Foundation melakukan intervensi zakat produktif revolving. kepada para petani yang belum bankable supaya tetap bisa meningkatkan hasil produksi dan pendapatan dengan diberi pinjaman tanpa bunga.

Sekretaris MAI Foundation dan Koordinator Bidang Pendistribusian dan pendayagunaan Iwan Rudiyana menjelaskan, program Petani Berdaya yang sudah sukses bergulir di Kecamatan Pamarican Ciamis tersebut akan direplikasikan di Kecamatan Kutowinangun Kebumen ,Jawa Tengah, bekerjasama dengàn PT Mitra Desa Kebumen (MTDK) yang mengelola pabrik penggilingan padi hasil kolaborasi CSR Bank Mandiri dan Pertamina. 

"Langkah ini sebagai ikhtiar gerakan zakat untuk mewujudkan kedaulatan pangan nasional dengan berkolaborasi bersama BUMN yang membangun asset," katanya dalam keterangan tertulis. (RO/OL-7)

BERITA TERKAIT