16 June 2021, 13:21 WIB

Di Balik Kisah Sukses Cincau Station, Salah Satu Merchant ShopeePay yang Sukses


mediaindonesia.com | Ekonomi

BERAWAL dari warisan resep sang ibu tercinta, Erwin Tirta Yasa Suwarno memulai peruntungannya di dunia bisnis dengan meluncurkan Cincau Station sejak tahun 2005.

Sebagai salah satu pelopor minuman cincau hijau di Surabaya, Cincau Station menghadirkan kesegaran bagi masyarakat Kota Surabaya melalui rasa minumannya yang khas dan alami selama 16 tahun.

Semangat Erwin dalam menjaga konsistensi cita rasa minuman cincau hijaunya berhasil mengantarkan Cincau Station menuju gerbang kesuksesan hingga melakukan ekspansi bisnis ke dua kota lainnya di Jawa Timur, yaitu Sidoarjo dan Gresik. Saat ini, Cincau Station telah memiliki lebih dari 30 cabang di daerah Jawa Timur. 

Kesuksesan Cincau Station sekarang ini tentunya tidak terlepas dari kerja keras sang pemiliknya. Erwin bercerita bahwa perjalanan bisnis Cincau Station dimulai dari sebuah mobil depot di komplek SCTV, Surabaya Barat pada tanggal 7 Juni 2005.

Setahun kemudian, Cincau Station mulai memberanikan diri untuk membuka gerai kecil di sebuah mall di Surabaya dan sejak saat itu Cincau Station terus berusaha melebarkan sayapnya hingga kini menjadi salah satu brand minuman lokal kebanggaan yang banyak digemari oleh warga Surabaya.

Bermula dari menu asli sederhana yang memadukan cincau hijau dengan santan dan manisnya gula aren, Cincau Station berupaya mempertahankan eksistensinya dengan terus menghadirkan varian rasa yang kaya dan beragam untuk menemani keseharian pelanggannya.

Cincau Station saat ini memiliki 15 varian menu yang siap memanjakan lidah para pelanggannya. Beberapa menu andalan Cincau Station antara lain Cincau Original, Guriin, Honey Lime, 100% Strawberry Juice, dan Es Sunset. 

Berada di industri F&B selama 16 tahun bukanlah sebuah perjalanan yang mudah untuk ditempuh oleh seorang pelaku usaha.

Erwin Tirta Yasa Suwarno, Owner Cincau Station mengatakan, “Di tengah gempuran persaingan yang ketat, kami sangat bersyukur bahwa Cincau Station masih dapat terus bertahan melayani para pelanggan. Beradaptasi dengan perkembangan tren terkini dan memaksimalkan penggunaan teknologi digital dalam bisnis adalah dua strategi utama yang membantu kami untuk terus eksis bahkan di tengah pandemi."

"Salah satu contoh konkret yang saya lakukan untuk menerapkan kedua strategi tersebut adalah menyediakan layanan pembayaran digital ShopeePay di gerai kami," jelasnya.

"Sejak saat itu, saya selaku pemilik usaha menyaksikan dampak yang luar biasa dalam pertumbuhan transaksi serta perubahan perilaku konsumen yang kini lebih memilih menggunakan layanan digital. Berkat kehadiran ShopeePay, kami juga tetap bisa melayani pelanggan dengan aman, mudah, dan nyaman apalagi di tengah pandemi seperti ini,” papar Erwin. 

Menurut Erwin, selain memberikan kemudahan bertransaksi, ShopeePay juga menyediakan keuntungan lainnya bagi para pelanggan kami dengan menghadirkan promo cashback.

"Tak bisa dipungkiri bahwa promo cashback ShopeePay juga menjadi salah satu daya tarik tersendiri yang dapat mendorong para pelanggan kami untuk melakukan transaksi. Dari sisi pelaku usaha, saya juga merasa sangat terbantu dengan kehadiran ShopeePay seperti misalnya mendapat kemudahan dalam mengelola pembukuan karena setiap transaksi yang masuk akan tercatat secara otomatis," tuturnya.

"Kami juga tidak perlu menyediakan uang kecil sebagai kembalian sehingga dapat sembari mencegah kontak fisik antara pegawai Cincau Station dan pelanggan. Untuk itu, adopsi teknologi digital tidak hanya bermanfaat untuk memfasilitasi kebutuhan pelanggan tetapi juga mendorong bisnis agar bisa tampil semakin kreatif dan inovatif,” tutup Erwin.

Erwin tak menampik bahwa kedua strategi utama tersebut menjadi landasan awal yang selalu ia pegang teguh dalam membesarkan usaha Cincau Station. Namun, Erwin juga menekankan pentingnya menganalisa perilaku konsumen dalam sebuah bisnis.

Oleh karena itu, Cincau Station memiliki tim riset & pengembangan sendiri yang bertanggung jawab untuk terus melakukan pengembangan produk sesuai dengan kebutuhan dan permintaan pasar. Analisa mendalam tentang perilaku konsumen tersebut membantu Cincau Station untuk dapat menjangkau audiens dari berbagai jenis usia. 

Berkat kehadiran tim riset & pengembangannya, Cincau Station juga berhasil memperluas jenis rangkaian produknya dengan menghadirkan kesegaran klasik Surabaya dalam bentuk es krim sejak akhir tahun 2020.

Es krim Cincau Station hadir dalam ukuran yang cukup besar untuk mengakomodir kebutuhan pasar yang menghabiskan sebagian besar waktunya di rumah karena pembatasan sosial. Rangkain es krim Cincau Station diharapkan dapat menambah keceriaan warga Surabaya saat mereka menghabiskan waktu bersama dengan orang-orang tercintanya di rumah. 

Cincau Station telah bergabung sebagai merchant ShopeePay sejak tahun 2019 hingga saat ini. Kolaborasi ini membawa Cincau Station sebagai salah satu merchant favorit kota Surabaya yang mewakili sebagai pembicara di ShopeePay Semangat Usaha Lokal Surabaya pada tanggal 8 Juni 2021.(RO/OL-09)

BERITA TERKAIT