16 June 2021, 12:50 WIB

PLN Siap Jaga Keandalan Listrik RSD Wisma Atlet


Insi Nantika Jelita |

PERUSAHAAN Listrik Negara (PLN) menerjunkan 2.356 petugas untuk menjaga keandalan pasokan listrik di lokasi penting penanggulangan covid-19 di Jakarta, termasuk di Rumah Sakit Darurat (RSD) Wisma Atlet, Jakarta.

PLN mengaku menyiapkan enam unit UPS (Uninterruptible Power Supply), 4 Unit Kabel Bergerak (UKB), 20 Unit Power Bank dengan total kapasitas 8.860 kilo Volt Ampere (kVA), 17 Unit Gardu Bergerak (UGB), dan 4 unit mobil crane.

Wisma Atlet yang digunakan sebagai Rumah Sakit Darurat Covid-19 mempunyai kapasitas daya 11.080.000 Volt Ampere (VA).

"Secara sistem kelistrikan Wisma Atlet Pademangan dan Rusun Nagrak sudah siap dan petugas kami juga siap melayani 24 jam," kata Direktur Bisnis Regional Jawa, Madura, dan Bali, Haryanto WS dalam rilis resmi, Rabu (16/6).

PLN menjelaskan, terdapat tiga gardu distribusi yang memasok tujuh tower di sana. Listrik Wisma Atlet Kemayoran sendiri dipasok oleh tiga sumber dari gardu induk berbeda yang terdiri dari satu suplai utama dan dua suplai cadangan dengan kualitas listrik yang sama.

Sistem kelistrikan di Wisma Atlet dilengkapi dengan Automatic Change Over (ACO) di sisi tegangan menengaj sebagai alat untuk memindahkan pasokan listrik dari suplai utama ke suplai cadangan apabila yang utama mengalami gangguan.

Pemprov DKI Jakarta diketahui berencana menggunakan Wisma Atlet Tower 8 di Pademangan dan Rusun Nagrak sebagai tempat cadangan mengantisipasi lonjakan pasien Covid-19 di Jakarta.

PLN menyebut, Wisma Atlet Tower 8 Pademangan mempunyai daya listrik 4.845.000 VA yang dipasok oleh 1 sumber utama dan 2 sumber cadangan. Sistem kelistrikan ke lokasi tersebut juga dilengkapi dengan ACO sama halnya dengan Wisma Atlet Kemayoran.

Sedangkan, di Rusun Nagrak di Cilincing memiliki total daya listrik 7.195.000 VA dan dilayani dengan 3 gardu distribusi untuk 14 tower. Sistem kelistrikan di lokasi tersebut mempunyai 2 sumber listrik yang terdiri dari sumber utama dan cadangan.

Rumah Sakit Darurat Wisma Atlet Kemayoran pada Selasa (15/6) lalu, menampung pasien hingga 5.453 pasien covid-19. Angka ini dihimpun berdasarkan data per Selasa (15/6). Adapun jumlah tempat tidur di 4 tower di RSD Wisma Atlet ini mencapai 7.937. Artinya keterisian tempat tidur di Wisma Atlet mencapai 68,7%. (OL-13)

Baca Juga: Wali Kota Tetapkan Status Kota Bogor Siaga Covid-19

BERITA TERKAIT