08 June 2021, 23:00 WIB

Polemik Polis Asuransi, Erick Tunjuk Dirut Baru Jiwasraya


Insi Nantika Jelita | Ekonomi

MENTERI Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir menunjuk direktur utama baru PT Asuransi Jiwasraya (Persero), dengan mengangkat Angger P. Yuwono sebagai Direktur Utama Jiwasraya yang baru, menggantikan Hexana Tri Sasongko.

Sekretaris Perusahaan Jiwasraya Kompyang Wibisana mengungkapkan, perubahan dan peralihan direksi Jiwasraya ini merupakan bagian dari upaya pemerintah demi menjamin keberlangsungan Program Restrukturisasi Polis Jiwasraya. 

"Keputusan perubahan susunan direksi ini merupakan bentuk tanggung jawab pemerintah bersama manajemen baru Jiwasraya untuk menyelamatkan manfaat polis yang dimiliki peserta asuransi Jiwasraya,” ungkap Kompyang dalam rilis resmi, Selasa (8/6).

Pengangkatan Angger berdasarkan hasil Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS) pada Jumat (4/6) dan sesuai Keputusan Menteri BUMN Nomor SK-185/MBU/06/2021 tentang Pemberhentian, Perubahan Nomenklatur Jabatan, Pengalihan Tugas dan Pengangkatan Anggota-Anggota Direksi Jiwasraya.

Baca juga : Pemerintah Bidik Rp22, 8 Triliun dari Proyek Migas Merakes  

Hexana Tri Sasongko sendiri digeser posisinya dengan menjabat sebagai Wakil Direktur Utama PT Bahana Pembinaan Usaha Indonesia (Persero) atau yang dikenal dengan Indonesia Financial Group (IFG).

Kompyang menuturkan, dengan adanya perubahan susunan direksi baru Jiwasraya tersebut, manajemen baru mengaku optimistis program restrukturisasi Jiwasraya yang telah memasuki fase akhir atau persiapan migrasi polis ini dapat terlaksana sesuai jadwal yang telah ditetapkan.

Jiwasraya menjelaskan, pemegang polis korporasi yang telah mengikuti program restrukturisasi mencapai 98% atau 2.088 polis dari 2.127 polis. Adapun untuk pemegang polis Bancassurance mencapai 96% atau 16.748 dari 17.459 polis. Sementara untuk pemegang polis Ritel, jumlahnya telah mencapai 94% atau 156.075 polis dari 166.710 polis.

Selain Angger, pemerintah juga telah menunjuk Ryan Diastana Firman sebagai Direktur Keuangan, Investasi dan Manajemen Risiko Jiwasraya yang baru, menggantikan posisi Farid Azhar Nasution. Sebelumnya, Ryan Diastana Firman diketahui menduduki jabatan sebagai Direktur Eksekutif Co-Head of Advisory di PT Mandiri Sekuritas.(OL-7)

BERITA TERKAIT