08 June 2021, 13:50 WIB

Wapres KH Ma'ruf Amin : Menaker Telah Melakukan Langkah Tepat!


mediaindonesia.com | Ekonomi

WAKIL Presiden (Wapres) RI KH Maruf Amin mengapresiasi kinerja Menteri Ketenagakerjaan (Menaker) RI Ida Fauziyah, karena dinilai telah melakukan langkah tepat dalam upaya pemulihan sektor ketenagakerjaan di Indonesia. 

Apresiasi itu disampaikan Wapres, dalam acara Rembuk Nasional Vokasi dan Kewirausahaan & Peresmian Balai Latihan Kerja Komunitas (BLK K) Tahun 2021, di Pondok Pesantren Cipasung, Tasikmalaya, Jawa Barat 2020, Selasa (8/6/2021).

Wapres hadir meresmikan penggunaan BLK Komunitas sebanyak 1.014 yang dibangun tahun 2020 secara serentak. Peresmian itu juga dihadiri Wakil Ketua DPR RI, Abdul Muhaimin Iskandar.  

Dalam sambutannya, Wakil Presiden Menjelaskan bahwa pembangunan Sumber Daya Manusia merupakan program prioritas pembangunan pertama di Pemerintahan Jokowi - KH Maruf Amin.

"Hal ini sebagai bentuk kesigapan kita untuk menghadapi era Disrupsi. Dalam era ini kompetensi SDM menjadi mutlak agar tidak kalah dalam kompetisi global. Untuk itu Perlu kesiapan dan langkah strategis untuk mengantisipasinya. Dan Menaker telah melakukan langkah tepat dalam percepatan peningkatan kompetensi SDM," Paparnya. 

Wapres pun berpesan, semoga dengan Pembangunan BLK Komunitas sebagai lembaga pelatihan Vokasi di lembaga keagamaan ini akan mampu mencetak dan melahirkan SDM yang menguasai ilmu pengetahuan dan Teknologi. Sebab  kecakapan ini yang nantinya akan berperan dalam kehidupan bermasyarakat dan menang dalam persaingan global.

Sementara sebelumnya Menaker Ida Fauziyah menjelaskan, bahwa Pembangunan Balai Latihan Kerja Komunitas merupakan salah satu program terobosan pemerintah untuk memperluas akses vokasi bagi masyarakat. Khususnya di kalangan komunitas lembaga keagamaan, lembaga pendidikan agama dan serikat pekerja. 

"BLK Komunitas ini menjadi penting sebagai upaya Kementerian Ketenagakerjaan mendekatkan sarana dan prasarana pelatihan dengan masyarakat di tingkat basis. BLK Komunitas ini memberikan bekal keahlian vokasi sesuai kebutuhan pasar kerja dan keterampilan berwirausaha bagi para santri atau komunitas dan masyarakat sekitarnya ”. lanjutnya. (RO/OL-09)

BERITA TERKAIT