03 June 2021, 14:22 WIB

Arsjad Rasjid Tegaskan Dukungan Perkuat UMKM Indonesia


mediaindonesia.com | Ekonomi

CALON ketua umum Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia periode 2021-2026, Arsjad Rasjid menegaskan dukungannya untuk menguatkan usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) Indonesia.

Melalui semangat kolaborasi yang diusungnya, selain mengajak para pelaku UMKM untuk terus menjaga optimisme di tengah pandemi Covid-19, Arsjad juga terus mendorong UMKM untuk bisa bangkit kembali.

"Indonesia dapat bertahan karena dorongan ekonomi yang kuat dari sektor UMKM. Kita bisa mendorong adaptasi kewirausahaan melalui kompetensi, teknologi serta kolaborasi," kata Arsjad dalam keterangan tertulisnya, Kamis (3/6).

Sebagai wujud dukungannya, Arsjad  akan menguatkan UMKM melalui berbagai langkah. Mulai membangun  kewirausahaan dan kompetensi UMKM,  mendirikan Innovation Hub atau Warung Inovasi, mendorong vocational training, mengembangkan ekosistem kewirausahaan sosial serta mengakselerasi transformasi digital.

"Kadin harus menjadi katalisator pertumbuhan UMKM. Melalui semangat inklusif dan kolaboratif, Kadin bisa membantu melahirkan pengusaha-pengusaha UMKM baru, termasuk menguatkannya dengan membangun kompetensi di era digital ini," lanjut Arsjad.

Mengusung semangat inklusif dan kolaboratif, Arsjad Rasjid yang saat ini menjadi Wakil Ketua Umum Kadin Indonesia Bidang Pengembangan Pengusaha Nasional, berkomitmen akan mengembangkan Kadin sebagai rumah bersama bagi para anggotanya. Ke depan, sebagai organisasi besar yang menaungi pelaku usaha dan industri di Tanah Air, Arsjad ingin Kadin bisa menjadi rumah untuk tumbuh bersama, baik bagi pengusaha skala besar, menengah, kecil hingga mikro.

Sementara itu, Ketua Umum Serikat UMKM Nusantara Sanusi mengungkapkan, Arsjad Rasjid merupakan sosok pengusaha sukses yang selama ini memberikan dukungan konkret kepada para pelaku UMKM. Selain memberikan dukungan  melalui penguatan kompetensi usaha, Arsjad juga memberikan bantuan modal bagi UMKM.

Komitmen Arsjad, dinilai Sanusi, mampu menjadi penguat sektor UMKM untuk bertahan dan kembali bangkit di tengah pandemi.

"Arsjad Rasjid merupakan figur pengusaha nasional yang mampu merangkul pelaku usaha UMKM secara inklusif. Selain sukses mengembagkan  usaha dalam skala nasional, Arsjad Rasjid juga membantu mengembangkan wirausaha sosial dan pemula, khususnya UMKM,” terang Sanusi.(RO/OL-13)

BERITA TERKAIT