28 May 2021, 23:28 WIB

Jadi Komisaris, Begini Sosok Abdee Slank di Mata Eks Kepala Bekraf


Ghani Nurcahyadi | Ekonomi

MENTERI Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir mengangkat Abdi Negara Nurdin atau yang lebih terkenal dengan Abdee Slank menjadi Komisaris PT Telkom Indonesia Tbk (Persero) melalui Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan (RUPST), Jumat (28/5).

Selain Abdee Slank, Erick juga mengangkat Bambang Brodjonegoro menjadi Komisaris Utama Telkom menggantikan posisi yang sebelumnya ditempati Rhenald Kasali. Ia merupakan eks Menteri Riset dan Teknologi (Menristek) dan Komisaris Utama Bukalapak.

Banyak orang tahu Abdee Negara sebagai gitaris papan atas. Sebagai personel Slank sepak terjangnya di dunia musik tak disangsikan lagi. 

Selain itu, Abdee juga dikenal senang berkolaborasi dengan musisi lain baik sebagai gitaris, pencipta lagu, sound engineer maupun produser. 

Namun kiprahnya selama ini tidak sebatas main musik saja. Tidak banyak yang tahu bila Abdee ternyata sudah lama berkiprah di dunia bisnis dan juga organisasi-organisasi. Baik organisasi masyarakat maupun pemerintahan. 

Bukan itu saja, Abdee baik bersama rekan-rekan Slank- nya ataupun dengan aktivisnya, sangat aktif dalam berbagai kegiatan sosial, lingkungan hidup, gerakan antinarkoba serta gerakan antikorupsi.

Semangatnya untuk melakukan perubahan inilah yang membawa Abdee dan teman-temannya terjun dalam dunia politik, di ataranya membantu memenangkan Jokowi-JK dalam Pemilu 2014 dengan membentuk Gerakan Revolusi Mental-Salam2Jari (baca: Salam Dua Jari) yang berujung pada Konser Salam2Jari yang fenomenal.

Baca juga : Abdee Slank Jadi Komisaris Baru Telkom

"Saya kenal Abdee sejak sekitar tahun 2005. Waktu itu bersama Anang Hermansyah dan Indra Lesmana, kami mendirikan sebuah perusahaan digital media-musik distribution pertama di Indonesia, Importmusik.com yang sampai sekarang masih beroperasi membantu ribuan musisi independen di Tanah Air," kata mantan Kepala Badan Ekonomi dan Kreatif (Barekraf) Triawan Munaf dalam keterangannya.

Pada 2014, setelah membantu kemenangan pasangan Jokowi-JK, Abdee membentuk dan memimpin tim kerja untuk pembentukan Badan Ekonomi Kreatif-Bekraf. "Setelah saya terpilih, Abdee diangkat jadi Advisor Bekraf 2015-2019," sambungnya.

"Banyak kiprah Abdee yang saya dan teman coba kumpulkan. Ini hanya beberapa data saja dari yang kami ketahui. Banyak kegiatan Abdee yang memang jarang tahu, karena memang seperti yang sering dia katakan. Dia sudah punya panggung Slank, untuk hal lain dia ingin di balik layar saja," tuturnya.

Lebih jauh dipaparkan Triawan, Abdee Slank juga terlibat dalam pengelolaan sejumlah perusahaan swasta bahkan kementerian.

Misalnya saja, sebagai Co-Founder Impostmusic.com perusahaan digital media-musik distribution. Founder Maleo Music-Record Label, Tipa Inovasi-Startup Logistik, Give.ID-Digital Content Production, NSA-Survey and Advisory.

Kemudian sebagai Tim Pakar Ditjen HKI Kemenkumhan tahun 2013, Dewan Pengawas LMKN 2015, dan Anggota Badan Pengawas Pengelolaan Sampah Nasional Kementerian LHK 2016.

Selanjutnya sebagai Senior Advisor Bekraf 2015, Pendiri organisasi sosial KOIN (Kepedulian Orang Indonesia) 2009, Ketua Gerakan Revolusi Mental (Inisiator Konser Salam 2 Jari) 2014, Steering Commitee Perayaan HUT RI ke-70 2015, Inisiator Impian Indonesia, Keynote Speaker Asia Pacific Media Forum (APMF) 2015. (OL-7)

BERITA TERKAIT