28 May 2021, 20:23 WIB

Tol Cijago Tingkatkan Konektivitas Kawasan Jabodetabek


M. Iqbal Al Machmudi | Ekonomi

KEMENTERIAN Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) memulai pembangunan Jalan Tol Cinere-Jagorawi (Cijago) Seksi 3, Kukusan-Cinere sepanjang 5,44 km untuk meningkatkaan volume distribusi barang dan jasa di kawasan Jakarta-Bogor-Depok-Tangerang-Bekasi (Jabodetabek).

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono mengatakan sudah merasakan dampak positif dari pembangunan jalan tol, ia mencontohkaan di sepanjang Jalan Tol Trans-Jawa sekarang ini sudah berkembang kawasan kawasan industri baru seperti di Brebes, Batang dan Ngawi.

“Kemudian di setiap exit Tol Trans-Sumatera antara Bakauheni dan Palembang, terdapat bebeapa kegiatan ekonomi yang semakin berkembang. Data menunjukan adanya tagihan PLN mengalami kenaikan, artinya ada kegiatan ekonomi yang meningkat," kata Basuki dalam acara Groundbreaking Ceremony Pembangunan Jalan Tol Cijago Seksi III di Area Gerbang Tol Kukusan, Depok, Jumat (28/5).

Tol Cijago seksi 1 telah beroperasi tahun 2012 dan Seksi 2 telah beroperasi 2019, artinya sudah hampir 10 tahun.

Baca juga : Pembangunan Tol Cijago Seksi III Membutuhkan Waktu 1,5 Tahun

"Bukan berarti kita lambat akan tetapi pembangunan diperkotaan tantangannya lebih banyak dan lebih besar terutama masalah pembebasan tanah. Kalau masalah pembebasan tanah cepat pembangunan infrastrukturnya akan jauh lebih cepat", tegasnya.

Di kesempatan yang sama Walikota Depok Mohammad Idris megatakan dibangunnya Tol Cijago Seksi III sangat membantu pergerakan mobilitas warga karena 60% warga depok bekerja di luar Depok, 40% di Jakarta selebihnya bekerja di Bekasi dan Bogor.

"Dengan dibangunnya tol ini tentunya warga Depok sangat menyambut baik sekali. Tol Cijago Seksi 3 sangat membantu jika ingin ke pusat kota Depok," ucapnya. (OL-7)

BERITA TERKAIT