27 May 2021, 16:31 WIB

Pekan Depan, Google Photos Kenakan Biaya bagi Pengguna


Lidya Tannia Bangguna | Ekonomi

GOOGLE Photos mengakhiri penyimpanan gratis tanpa batas mulai minggu depan. Setelah 1 Juni, semua foto yang akan diunggah ke aplikasi dihitung dalam 15GB penyimpanan gratis yang diberikan Google kepada setiap pemegang akun. 

Jika ingin menggunakan lebih dari itu, pengguna harus membayar. Namun, foto apa pun yang diunggah sebelum Selasa depan akan tetap dihosting secara gratis. 

Baca juga: Mulai Hari Ini Google Photos Tak Lagi Gratis!

Menurut keterangan Google, lebih dari 4 triliun foto disimpan di Google Photos dan setiap minggu 28 miliar foto serta video baru diunggah. 

“Penyimpanan akun Google anda dapat dipakai bersama di Drive, Gmail, dan Foto. Perubahan ini juga memungkinkan kami untuk mengimbangi permintaan penyimpanan yang terus meningkat,” kata Wakil Presiden Google Photos Shimrit Ben-Yair di Google, Kamis (27/5). 

“Seperti biasa, kami menjunjung tinggi komitmen untuk tidak menggunakan informasi di Google Photos untuk tujuan periklanan,” lanjutnya.

Baca juga: Google Photos akan Berbayar Mulai Juni 2021

Ben-Yair menyadari ini mungkin akan menjadi perubahan yang cukup signifikan dan mengejutkan sehingga ia pun berinisiatif untuk memberitahu para pengguna lebih dulu. 

?''Jika Anda seseorang yang merekam banyak video atau mengambil banyak video gambar, Anda akan mencapai batas penyimpanan 15GB dengan cukup cepat. Jadi mungkin anda dapat memulai untuk berinvestasi dalam drive eksternal sebagai cadangan yang aman, atau bersiaplah membayar Google untuk lebih banyak ruang penyimpanan cloud,” tuturnya.(metro.co/OL-5)

BERITA TERKAIT