25 May 2021, 16:14 WIB

Pertamina International Shipping Bersinergi dengan ITS


Heryadi | Ekonomi

DIPERCAYA sebagai ujung tombak bisnis integrated marine logistics PT Pertamina (Persero), PT Pertamina International Shipping (PIS) gencar mengembangkan skala bisnis dengan melakukan berbagai kolaborasi.

Salah satu upaya itu adalah sinergi dengan institusi pendidikan. PIS menyepakati Nota Kesepahaman bersama Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS), tentang kerja sama Pendidikan, Penelitian, dan Pengabdian Masyarakat, serta Pengembangan Teknologi, pada Rabu (19/5). Kerja sama itu ditandatangani Direktur Utama PIS Erry Widiastono dan Rektor ITS, Prof. Dr. Ir. Mochamad Ashari, M.Eng.

Menurut Direktur SDM & Penunjang Bisnis PIS M. Ferry Bagdja, untuk menindaklanjuti nota kesepahaman tersebut, dilakukan penandatanganan dua perjanjian kerja sama lainnya. “Dua perjanjian lainnya berkaitan dengan Penyelenggaraan Program Internship dan Apprenticeship, serta perjanjian kerja sama untuk menempuh Pendidikan Sarjana, Sarjana Terapan, dan Sarjana Kelas Internasional,” ujarnya dalam keterangan resmi Selasa (25/5).

Dalam sambutannya, Erry menekankan pentingnya kerja sama mutualisme antara PIS dengan kalangan akademisi. Hal tersebut bertujuan untuk mendukung perkembangan bisnis PIS yang ditargetkan semakin besar ke depannya. Kerja sama ini nantinya akan memanfaatkan dan mengoptimalkan kelebihan serta sumber daya kedua belah pihak untuk membangun sinergi positif bagi kesejahteraan bangsa.

“Dari penandatanganan MoU, akan terus ditindaklanjuti dengan berbagai bentuk kerja sama yang saling menguntungkan. Sehingga harapannya kerja sama yang telah terjalin ini bisa berlanjut seterusnya dan dapat memberikan berkah untuk semua,” ujarnya.

ITS menyambut baik kerja sama yang dilakukan bersama PIS, mengingat bahwa ITS selama ini telah menjalin sejumlah kerja sama dengan perusahaan yang tergabung dalam holding maupun subholding dari PT Pertamina (Persero).

ITS banyak dilibatkan dalam pengembangan pengetahuan dan teknologi di Pertamina Group. Di antaranya penggunaan sistem keselamatan kapal yang dibuat oleh ITS dan pemantauan letak pipa bawah laut Pertamina.

“ITS mengapresiasi dan berterima kasih karena dapat bersinergi bersama PT Pertamina International Shipping dan semoga dapat dilanjutkan dengan kerja sama lainnya untuk kepentingan bersama, bangsa dan negara," ujar Rektor ITS, Prof. Dr. Ir. Mochamad Ashari, M.Eng. (E-3)

BERITA TERKAIT