18 May 2021, 12:24 WIB

Mau Bayar Utang ke Bank,Bulog Tagih Piutang ke Pemerintah 


Despian Nurhidayat | Ekonomi

PERUM  Bulog menegaskan bahwa total piutang pemerintah kepada Bulog sampai dengan Mei 2021 telah mencapai Rp1,2 triliun. Utang tersebut dikatakan terdiri dari berbagai hal.

"Terdiri dari pelepasan stok turun mutu sebesar Rp173,8 miliar. CBP (Cadangan Beras Pemerintah) KPSH (Ketersediaan Pasokan dan Stabilisasi Harga) sebesar Rp872,8 miliar. CBP bencana alam sebesar Rp36,75 miliar. CSHP (cadangan stabilitas harga pangan) gula sebanyak Rp11,23 miliar dan kekurangan penagihan CSHP gula sebesar Rp184,6 miliar," ungkap Direktur Utama Perum Bulog Budi Waseso dalam Rapat Dengar Pendapat (RDP) bersama Komisi IV DPR RI, Selasa (18/5).

Pria yang akrab disapa Buwas ini juga mengharapkan pemerintah untuk segera melunasi piutang tersebut. Pasalnya saat ini Bulog juga memiliki utang sebesar Rp14 triliun lebih kepada perbankan dan lainnya.

Selain itu, pemenuhan piutang tersebut juga dikatakan sangat penting dan akan berdampak pada pengolahan arus kas perusahaan.

"Kami sangat mengharapkan agar pelunasan piutang pemerintah kepada Perum Bulog dapat segera dilakukan," pungkasnya. (E-1)

BERITA TERKAIT