18 May 2021, 10:45 WIB

Jokowi Targetkan Pertumbuhan Ekonomi di Kuartal Kedua Capai 7%


Andhika Prasetyo | Ekonomi

PRESIDEN Joko Widodo memberi target kepada para menteri untuk mencapai target pertumbuhan ekonomi 7% pada kuartal kedua 2021

Target tersebut tentu tidak mudah dicapai mengingat pada kuartal pertama tahun ini Indonesia masih mencatatkan pertumbuhan yang negatif yakni -0,74%.

Namun, Jokowi optimistis, dengan program vaksinasi yang berjalan dengan cukup baik, kekebalan komunal bisa segera terwujud sehingga masyarakat akan terhindar dari virus dan pemulihan ekonomi juga bisa terlaksana.

Terlebih, sekarang, Vaksinasi Gotong Royong yang ditujukan khusus bagi para pekerja di sektor industri produktif sudah dimulai.

Baca juga: Presiden Harap Vaksinasi Gotong Royong Pulihkan Ekonomi

Hingga saat ini, terdapat terdapat 22.736 perusahaan yang terlibat dengan total pekerja lebih dari 10 juta yang terdaftar sebagai penerima vaksin.

"Saya mengucapkan terima kasih kepada pelaku industri dan para karyawan karena Vaksinasi Gotong Royong ini akan mempercepat prodses vaksinasi. Sektor ini berada pada posisi yang sangat penting. Kawasan industri, pabrik, itu menentukan pertumbuhan ekonomi. Kalau ada yang tidak berproduksi, pasti pertumbuhan akan terganggu, akan jatuh pada posisi yang tidak baik," ujar Jokowi saat meninjau pelaksanaan Vaksinasi Gotong Royong di Kawasan Industri Jababeka, Cikarang, Jawa Barat, Selasa (18/5).

Pemerintah mencatat, per 18 Mei 2021, sebanyak 23 juta dosis vaksin covid-19 dari pemerintah sudah disuntikkan kepada masyarakat.

Angka tersebut sedianya masih cukup jauh dari target yang ditetapkan yakni 380 juta dosis.(OL-5)

BERITA TERKAIT