16 May 2021, 16:23 WIB

KLHK Pilih 21 Nominator Penerima Penghargaan Kalpataru 2021


Atalya Puspa | Ekonomi

KEMENTERIAN Lingkungan Hidup dan Kehutanan menetapkan 21 nominator untuk mendapatkan penghargaan Kalpataru 2021. Penghargaan Kalpataru merupakan bentuk apresiasi tertinggi yang diberikan kepada para pejuang lingkungan hidup dan kehutanan. Penghargaan kalpataru memiliki 4 kategori, yaitu Perintis Lingkungan, Pengabdi Lingkungan, Penyelamat Lingungan dan Pembina Lingkungan.

Adapun, sebanyak 21 Nominasi Penerima Penghargaan Kalpataru dipilih melaui Sidang Dewan Pertimbangan Penghargaan Kalpataru, yang terdiri dari 8 nominasi Perintis Lingkungan, 3 nominasi Pengabdi Lingkungan, 6 nomine Penyelamat Lingkungan dan 4 nominasi Pembina Lingkungan.

Direktur Kemitraan Lingkungan KLHK Jo Kumala Dewi mengungkapkan bahwa di tengah pandemi covid-19, rangkaian acara penghargaan kalpataru masih berlangsung seperti tahun-tahun sebelumnya. Namun demikian, tentunya dengan berbagai penyesuaian.

Baca juga : Menhub Targetkan Pelabuhan Nusa Penida Selesai Awal 2022

"Untuk proses verifikasi teknis setelah untuk para nominator didahului dengan verifikasi secara virtua. Jika ada hal-hal yang penting dan diperlukan, baru akan dilakukan verifikasi lapangan dengan tetap menerapkan protokol kesehatan secara ketat," kata Jo saat dihubungi, Minggu (16/5).

Jo menyatakan bahwa pelaksanaan verifikasi peserta kalpataru yang sebagian besar dilaksanakan secara daring tidak menemui kendala. Namun demikian, ia menyatakan pelaksanaan penghargaan yang biasanya dilakukan pada 5 Juni setiap tahunnya harus tertunda melihat kondisi covid-19 di lapangan.

"Munggu depan kami baru mulai verifikasi para nomonator. Mudah-mudahan bulan Juli penyerahan pengargaan bisa dilakukan bila kondisi pandemi membaik," pungkasnya. (OL-2)

 

BERITA TERKAIT