11 May 2021, 22:15 WIB

Berdayakan UMKM, Kadin DKI Berikan Bantuan Pemodalan Rp150 Juta 


Ghani Nurcahyadi | Ekonomi

DALAM memberdayakan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM), Kamar dagang dan industri (Kadin) DKI Jakarta memberikan bantuan permodalan kepada 30 UMKM. 

Ketua Kadin DKI Jakarta Diana Dewi mengatakan, masing-masing UMKM yang berada dibawah binaan Pemprov DKI Jakarta dan Kadin DKI, masing-masing menerima bantuan permodalan sebesar Rp5 juta.

"Bantuan permodalan yang diberikan Kadin DKI Jakarta kepada 30 UMKM tentunya akan berkesinambungan setiap tahunnya. Kadin DKI selain memberikan bantuan senilai Rp5 juta bagi masing-masing UMKM, kami juga memberikan pelatihan cuma-cuma serta memberikan fasilitas kurasi atau galeri untuk memajang produk-produk yang dihasilkan oleh UMKM yang bersangkutan," kata Diana.

Adapun parameter dalam memberikan bantuan permodalan kepada para UMKM, Diana menjelaskan, Kadin DKI Jakarta melibatkan berbagai dinas terkait untuk menilai apakah UMKM yang akan diberikan bantuan permodalan benar-benar memiliki kemampuan berkembang atau tidak.

"Selain syarat legalitas, kemauan dan kemampuan berkembang, inovasi juga menjadi point penting yang dinilai apakah UMKM yang bersangkutan layak atau tidak untuk menerima bantuan permodalan," jelasnya.

Baca juga : Kemenkop UKM Dorong Kemitraan Koperasi dan Pertamina di Pertashop

Selain memberikan bantuan senilai Rp150 juta bagi 30 UMKM, untuk membantu sesama, Kadin DKI Jakarta pada Selasa (11/5) juga menyerahkan bantuan kepada panti sosial dibawah koordinasi Dinas Sosial DKI sejumlah Rp196.750.000, dalam bentuk barang berbagai kebutuhan pokok. 

Dengan adanya bantuan permodalan senilai Rp150 juta bagi sebanyak 30 UMKM, Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria menyatakan rasa terima kasihnya kepada Kadin DKI Jakarta.

"Masih banyak warga Jakarta yang hidup dibawah garis kemiskinan. Sudah menjadi kewajiban kita bersama untuk saling membantu sesama. Bantuan permodalan yang diberikan oleh Kadin DKI Jakarta menjadi bukti nyata sebagai wadahnya para pengusaha, Kadin berada digarda terdepan dalam menggerakan ekonomi kerakyatan," jelas Ahmad Riza Patria.

Dihadapan puluhan pelaku UMKM, Riza optimistis UMKM dapat bertahan dan menjadi penyelamat pergerakan roda ekonomi dikalangan menengah kebawah. 

Riza berharap kedepannya Kadin DKI terus dapat bersinergi dengan berbagai pihak dalam menghidupkan pengusaha-pengusaha menengah kebawah. Riza juga berjanji akan membantu Kadin DKI untuk meningkatkan kualitas UMKM dengan pembinaan berkelanjutan agar nantinya bisa bersaing di pasar bebas. (RO/OL-7)

BERITA TERKAIT