11 May 2021, 17:15 WIB

Siap Berbagi Pengalaman dan Solusi pada Perusahaan Indonesia


Mediaindonesia.com | Ekonomi

GLOBALISASI saat ini adalah sebuah keniscayaan. Kebuutuhan kerja sama lintas negara sama pentingnya dengan kebutuhan masyarakat akan listrik.

Untuk itu Elsewedy Electric Group, perusahaan penyedia infrastruktur dan solusi energi terintegrasi mengakuisisi 95% saham PT CG Power Systems Indonesia (CGPSI), yang merupakan produsen transformator terkemuka di Indonesia sekaligus yang pertama di ASEAN yang mampu memproduksi transformator sampai dengan 550 kV (kilovolt).

Baca juga: Inovasi Energi Bersih Lambat, Bagaimana Penanganan Krisis Iklim?

Dengan spesialisasi CGPSI di bidang gardu induk bergerak (Mobile Substations), Elsewedy Electric akan menyediakan solusi sumber data listrik dan energi yang lebih berkelanjutan, andal dan terjangkau untuk pasar Indonesia, terlepas dari tingkat kompleksitasnya.

“Saya sangat senang menyambut PT CG Power Systems Indonesia ke dalam keluarga Elsewedy Electric dan mulai bekerja sama untuk menciptakan kedaulatan dan keamanan energi untuk kemajuan negara,” ungkap President & CEO, Elsewedy Electric, Ahmed El Sewedy.

“Sebagai salah satu area strategis di Asia Tenggara, kami menganggap Indonesia sebagai prioritas kami untuk melanjutkan pertumbuhan perusahaan dalam memberikan solusi infrastruktur dan energi yang efisien, yang didukung dengan pengalaman dan layanan yang luar biasa  serta berkelanjutan kepada seluruh konsumen dan komunitas,” imbuhnya.

"Akuisisi ini menandakan masuknya Elsewedy Electric secara strategis ke Indonesia, dan kami yakin kedua perusahaan dapat saling melengkapi dengan sempurna dan memiliki portofolio produk yang unik," tambah General Manager  Elsewedy Electric, Hany Gamal.

“Membangun pijakan yang kuat di Indonesia adalah bagian penting dari strategi kami. Kami berharap dapat berinvestasi lebih banyak di negara ini dan menghasilkan peluang yang luar biasa untuk mendorong penetrasi dan meningkatkan nilai dalam penawaran inti kami. Kami juga berkomitmen untuk mengikuti peraturan dan regulasi yang berlaku, serta mendukung visi pemerintah Indonesia dalam menyediakan energi yang aman dan berkelanjutan.”

“Saya senang dapat bekerja sama dengan pembeli strategis bergengsi seperti Elsewedy Electric dan akan terus bekerja sama agar akuisisi ini berjalan dengan lancar,” ungkap Himawan Samodara, Operations Director, PT CG Power Systems Indonesia.

“Saya berharap dapat bekerja sama di bawah payung Elsewedy Electric dan mendukung mereka dalam memperluas solusi infrastruktur dari hulu ke hilir, sehingga mampu memperluas jangkauan gabungan kami di segmen yang bertumbuh dengan cepat di pasar Indonesia.”

Proses penyelesaian akuisisi ini dilakukan secara virtual antara perwakilan kedua perusahaan pada 6 Mei lalu. Dengan pengalaman selama 80 tahun sebagai produsen komponen kelistrikan, Elsewedy Electric memiliki sebanyak 27 fasilitas manufaktur yang tersebar di 15 negara. Dengan 6 dari 27 fasilitas yang berfokus pada Power Transformers, perusahaan ini telah berkiprah di industri selama lebih dari 30 tahun di 5 negara.

Di sisi lain, CGPSI adalah produsen dan pemasok produk transformator daya untuk utilitas listrik dan industri dengan pengalamannya selama 35 tahun di wilayah, mulai dari kontrak untuk desain, manufaktur, pengiriman, dan pemasangan transformator daya hingga 500 MVA 550 kV, yang meliputi dua lilitan, tiga lilitan, dan unit interkoneksi otomatis.

Akuisisi Elsewedy Electric atas CGPSI bersifat strategis dan tidak akan mempengaruhi struktur, teknologi, maupun kualitas dan pengiriman yang telah berjalan. Akuisisi ini bertujuan untuk menghadirkan pengalaman gabungan dari kedua perusahaan dalam hal menyediakan solusi energi kelas dunia di seluruh Indonesia dan Asia Tenggara. (RO/A-1)

BERITA TERKAIT