05 May 2021, 16:38 WIB

Nissan Jual Seluruh Sahamnya di Daimler


Mediaindonesia.com | Ekonomi

NISSAN mengumumkan penjualan seluruh sahamnya sekitar 1,54% di raksasa otomotif Jerman Daimler dengan harga sekitar 1,15 miliar euro (US$1,4 miliar). Ini menyusul langkah serupa oleh mitranya dari Prancis, Renault.

Produsen mobil Jepang itu telah mencoba untuk mendapatkan keuntungan lagi dan pulih dari kerusakan reputasi yang disebabkan oleh kepergian mantan pemimpin yang sekarang buron, Carlos Ghosn.

Nissan mengatakan divestasi akan memungkinkannya untuk lebih memperkuat dan meningkatkan daya saing bisnisnya, termasuk investasi untuk mempromosikan elektrifikasi.

 

Kerja sama industrinya dengan Daimler tetap tidak berubah. "Kedua kelompok terus berkolaborasi di beberapa bidang," kata perusahaan itu, Rabu (5/5).

Pada Maret, Renault juga mengumumkan penjualan seluruh 1,54% sahamnya di Daimler setelah pembuat mobil Prancis itu membukukan rekor kerugian pada 2020 karena dilanda pandemi.

Nissan telah merevisi perkiraan setahun penuhnya dengan memproyeksikan kerugian bersih 530 miliar yen (US$4,8 miliar) untuk tahun fiskal hingga Maret atau lebih kecil dari perkiraan sebelumnya.

Nissan, yang telah mempertahankan kemitraannya dengan Renault dan Mitsubishi, akan mengumumkan hasil tahunannya minggu depan. (AFP/OL-14)

BERITA TERKAIT