05 May 2021, 12:45 WIB

Menhub Sebut Jabar & Jateng Daerah Paling Banyak Dituju Pemudik


Despian Nurhidayat | Ekonomi

MENTERI Perhubungan Budi Karya Sumadi menuturkan terkait larangan mudik, pihaknya sudah melakukan survei terhadap daerah yang biasa dituju sebagai tempat mudik. Dari hasil survei tersebut, tempat terbanyak yang dituju oleh para pemudik ialah Jawa Tengah yakni lebih dari 30% dan Jawa Barat 20%.

"Setelah itu Jawa Timur, Banten dan sekitarnya diikuti Lampung, Sumatra Selatan dan lainnya. Mereka rata-rata menggunakan moda angkutan darat yakni mobil dan motor. Jadi para Gubernur harus melakukan pengawasan dengan baik," ungkapnya dalam acara FMB9 bertajuk Jaga Keluarga, Tidak Mudik, Rabu (5/5).

Budi menambahkan survei ini juga dilakukan secara sistematis. Pihaknya telah memperkirakan apabila tidak ada larangan mudik, sebanyak 33% masyarakat tetap akan pulang kampung.

Baca juga: Jelang Pelarangan Mudik Titik Penyekatan di Jawa Tengah Ditambah

Setelah pemerintah menyatakan mudik dilarang, 11% masyarakat tetap menyatakan akan pulang dan setelah pelarangan mudik diresmikan, angka tersebut turun menjadi 7%.

"Itu pun cukup banyak yakni 18 juta masyarakat. Kita ingin melakukan upaya atau sosialisasi agar 7% ini turun menjadi lebih sedikit agar kita bisa manage, polisi juga bisa melakukan penyekatan dengan lebih berwibawa dan kita harapkan berjalan lancar," pungkas Budi.(OL-5)

BERITA TERKAIT