04 May 2021, 17:14 WIB

Kowanbisata Dukung Kebijakan Pemerintah Melarang Mudik


mediaindonesia.com | Ekonomi

PEMERINTAH melalui Kementerian Perhubungan (Kemenhub) secara resmi melarang mudik Lebaran 2021, dari tanggal 6 Mei  hingga 17 Mei 2021.

Larangan ini tertuang dalam Surat Edaran (SE) Satuan Tugas Penanganan Covid-19 Nomor 13 Tahun 2021 tentang Peniadaan Mudik Hari Raya Idul Fitri Tahun 1442 Hijriah dan Upaya Pengendalian Penyebaran Covid-19 Selama Bulan Suci Ramadhan 1442 Hijriah.

Menanggapi persoalan tersebut, Ketua Koperasi Karyawan Bis Antar Kota (Kowanbisata) H.Ridwan yang biasa di sebut H.Robert mendukung kebijakan yang dikeluarkan oleh pemerintah terkait larangan mudik lebaran Idul Fitri 1442 Hijriah sebagai upaya memutus mata rantai dan penanganan pandemi Covid-19.

"Kowanbisata memahami kebijakan tersebut karena larangan mudik pada momen Idul Fitri memang terkesan pahit, tetapi masih tingginya kasus Covid-19 di Indonesia," kata H.Ridwan, dalam deklarasi dukungan terhadap kebijakan larangan mudik yang digelar di Terminal Kampung Rambutan, Jakarta Selatan, Selasa (4/5/2021).

"Aturan ini menjadi jalan terbaik bagi kita semua untuk menjaga kesehatan dan keselamatan orang tua, keluarga dan saudara-saudara kita di kampung halaman," tutur H.Ridwan.

Tak hanya itu, aturan ini juga diharapkan dapat mempercepat pemulihan perokonomian masyarakat. Sehingga, Kowanbisata yakin harus mengikuti dan mendukung agar pandemi Covid-19 segera berakhir. 

"Kowanbisata bisa berharap bisa kembali bekerja seperti biasa, kami sadar bahwa keselamatan dan kesehatan adalah yang lebih utama," ucap Ridwan.

Oleh karena itu, masyarakat juga dihimbau untuk terus mematuhi protokol kesehatan dengan menerapkan 5 M memakai masker, menjaga jarak, mencuci tangan, menghindari kerumunan, dan membatasi mobilitas.

Lebih lanjut, Kowanbisata juga turut dalam menjaga terciptanya situasi kamtibnas yang kondusif sebagai jamjnan kelancara usaha transportasi untuk kesejahteraan seluruh anggota Kowanbisata dan meningkatkan perekonomian nasional.

"Kami menolak segala bentuk aksi anarkisme dalam penyampaian aspirasi dan Kowanbisata menjunjung tinggi persatuan dan kesatuan. Serta, menghindari perilaku permusuhan yang dapat memecah belah bangsa," tutur H.Ridwan.

Dalam Dekalarasi tersebut, Ketua Kowanbisata H. Ridwan juga membagikan puluhan paket sembako bagi karyawan. Menurut dia paket sembako tersebut diharapkan dapat meringankan beban kebutuhan hidup di tengah himpitan ekonomi di masa pandemi ini. (RO/OL-09)

BERITA TERKAIT