04 May 2021, 13:05 WIB

Presiden Sebut Ekonomi Hijau & Biru Kunci Pertumbuhan Masa Depan


Andhika Prasetyo | Ekonomi

PRESIDEN Joko Widodo menginstruksikan kepada seluruh jajaran menteri dan kepala daerah untuk memprioritaskan pengembangan ekonomi hijau di masa mendatang.

Transformasi harus segera dilakukan agar Indonesia bisa memperoleh manfaat sebesar-besarnya dari sektor tersebut.

"Kita harus menyadari bahwa kita adalah salah satu paru-paru terbesar dunia. Kita bisa mendapat manfaat besar dari hutan tropis dan hutan mangrove yang kita miliki. Oleh sebab itu transformasi energi menuju energi baru dan terbarukan harus dimulai," ujar Jokowi saat membuka Musyawarah Perencanaan Pembangunan Nasional 2021 di Istana Negara, Jakarta, Selasa (4/5).

Pemerintah pun telah merencanakan pembangunan kawasan industri hijau di Kalimantan Utara.

Di kawasan itu, energi yang digunakan untuk menggerakkan industri seluruhnya akan bersumber dari tenaga air.

"Semua akan terintegrasi, energi hijau akan disalurkan ke kawasan industri hijau sehingga muncul produk-produk hijau di sana. Inilah kekuatan kita ke depan," tutur mantan wali kota Solo itu.

Baca juga:  Kebijakan Fiskal 2022 Dinilai belum Dukung Pemulihan Ekonomi Hijau

Selain ekonomi hijau, Indonesia juga memiliki kekuatan di ekonomi biru. Sebagaimana diketahui, Indonesia merupakan negara terkaya dalam hal biodiversitas laut.

Keunggulan tersebut tentu harus dimanfaatkan secara bijak untuk menyejahterakan rakyat dengan tetap menjaga alam dan keberlanjutan produksi.

"Blue economy harus menjadi agenda yang diprioritasikan di seluruh wilayah pantai yang kita miliki," ungkapnya.

Presiden juga berpesan pertumbuhan ekonomi nasional harus bersifat inklusif, merata dan memberi manfaat bagi seluruh kawasan.

"Pertumbuhan ekonomi harus menjadi mesin bagi pemerataan pembangunan dan keadilan ekonomi baik antardaerah maupun antardesa dan kota. Pertumbuhan ekonomi harus meningkatkan kelas UMKM kita dan dapat semakin bersaing dengan produk-produk negara lain," pungkasnya.(OL-5)

BERITA TERKAIT