03 May 2021, 20:41 WIB

Harbolnas Lebaran Diyakini Gerakkan Perekonomian Nasional


Insi Nantika Jelita | Ekonomi

PEMERINTAH meyakini penyelenggaraan Hari Bangga Buatan Indonesia 2021 (BBI 2021) dengan program hari belanja online nasional (harbolnas) jelang lebaran mulai Rabu (5/5), dapat menggerakkan perekonomian nasional ke depannya.

"Mudik tahun ini bisa dilakukan platform digital. Dengan berbelanja online bisa menggerakkan perekonomian nasional dan mendukung pertumbuhan usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) sebagai tulang punggung pemulihan ekonomi,” jelas Menteri Perdagangan Muhammad Lutfi dalam diskusi Bangga Buatan Indonesia secara virtual, Senin (3/5).

Mendag dan Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G. Plate telah menandatangani Kesepakatan Bersama atau MoU terkait penyelenggaraan Hari BBI 2021 dengan Ketua Umum Asosiasi E-Commerce Indonesia (idEA) Bima Laga.

Adapun poin penting yang ditekankan dalam Kesepakatan Bersama tersebut, yakni dukungan platform digital dalam kampanye Hari BBI 2021, serta pemberian fasilitas bebas biaya pengiriman atau ongkir sampai jumlah tertentu oleh platform e-commerce.

Johnny Plate menuturkan, langkah kerja sama dengan e-commerce ini sebagai dukungan yang kuat platform usaha dalam penyelenggaraan BBI. Kominfo pun mengaku diberikan amanat untuk melaksanakan tugas diseminasi informasi menyangkut bangga buatan Indonesia.

"Saya minta kerja sama tidak hanya dengan lembaga lembaga penyiaran media, tetapi juga e-commerce untuk menyediakan porsi yang cukup dengan promosi akan bangga buatan Indonesia,” tutur politikus Partai NasDem itu.  

Sementara itu, CEO Tokopedia William Tanuwijaya menyatakan pihaknya komitmen berpartisipasi membantu gerakan BBI 2021 dengan menghadirkan promo dan gratis ongkir dalam Harbolnas yang digelar pada 5 hingga 13 Mei mendatang.

Selain Tokopedia, e-commerce lain juga diketahui turut meramaikan program tersebut, seperti Shopee, Grab, Lazada, Bukalapak, Blibi.com, JD.ID, dan Bhinneka.

"Kami semua dengan 72 platform lain komitmen membantu BBI dengan promosi luar biasa. Di Tokopedia ada promosi gratis ongkir, voucher cash back dan lainnya. Kita harap turut mendorong pemulihan ekonomi dengan belanja online bangga buatan Indonesia," pungkas William. (E-3)

BERITA TERKAIT