16 April 2021, 01:09 WIB

Menteri KKP Ajak Diaspora Bela Negara di Sektor Kelautan


Insi Nantika Jelita | Ekonomi

MENTERI Kelautan dan Perikanan (KKP) Sakti Wahyu Trenggono mengajak seluruh masyarakat Indonesia yang tengah berada di luar negeri, khususnya para diaspora yang berada di Amerika Serikat untuk membela Tanah Air melalui sektor Kelautan dan Perikanan.

Hal itu disampaikan Trenggono saat menghadiri dialog yang digagas oleh sebuah organisasi kemasyarakatan Indonesia yang berada di Amerika Serikat secara virtual, Kamis (15/4).

“Kita harus terus menumbuhkan rasa bela negara, membawa nama Indonesia dengan berbagai cara, melalui aktivitas bisnis, salah satunya diimplementasikan di sektor kelautan dan perikanan, jadi bukan sekedar jargon semata,” kata Trenggono dalam keterangannya.

Pada kesempatan tersebut, Menteri KKP menjelaskan dua mandat dari Presiden Joko Widodo untuk sektor kelautan dan perikanan, yaitu peningkatan Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP) dari sub-sektor perikanan tangkap, yang bertujuan untuk peningkatan kesejahteraan nelayan, pengembangan perikanan budidaya untuk peningkatan ekspor yang didukung oleh riset kelautan dan perikanan.

"Dan yang terakhir Pembangunan kampung-kampung perikanan budidaya tawar, payau dan laut berbasis kearifan lokal,” sambung Trenggono.

Lebih lanjut, ia menjelaskan langkah nyata yang dilakukan KKP untuk mewujudkan kesejahteraan nelayan. Untuk program peningkatan PNBP dari sub-sektor perikanan tangkap, hasil program terobosan ini akan diturunkan kembali untuk peningkatan kesejahteraan nelayan melalui jaminan pensiun.

“Salah satunya yang sudah kami skemakan adalah program jaminan sosial. Selama ini program jaminan sosial hanya meliputi asuransi kecelakaan dan kematian, ke depannya Insya Allah akan ada asuransi kesehatan dan jaminan hari tua untuk melengkapi dua asuransi sebelumnya," jelas Trenggono.

Selain itu, KKP mengaku juga mengembangkan perkampungan nelayan. Tujuan dari program kampung nelayan maju itu yang diutarakan Trenggono ialah untuk mewujudkan lingkungan yang bersih, sehat dan nyaman serta meningkatkan kualitas hidup masyarakat, khususnya nelayan.

Upaya ini dilakukan untuk mengubah kampung nelayan dari kesan miskin, kumuh dan kotor menjadi lebih maju. Langkah yang dilakukan KKP berupa bantuan sarana dan prasarana penataan kampung nelayan dengan memperbaiki fasilitas umum, penyediaan air bersih, pengolahan sampah dan lainnya.

“Pembangunan kampung nelayan itu juga merupakan salah satu upaya untuk memperkuat pemulihan ekonomi masyarakat,” pungkasnya. (OL-8)

BERITA TERKAIT