15 April 2021, 17:21 WIB

Indonesia.travel Kini Jual Tiket Pesawat, Hotel dan Kereta


Iis Zatnika | Ekonomi

Buka saja Indonesia.travel, maka bukan cuma informasi tentang destinasi wisata dengan foto-fotonya nan indah yang bisa dinikmati, namun juga tersedia layanan pemesanan tiket pesawat terbang, kereta api, hotel, tiket festival hingga paket perjalanan wisata ke sana!

Layanan itu tersedia berkat kerjasama Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) dengan PT Aero Systems Indonesia (Asyst) , anak perusahaan Garuda Indonesia. Fitur transaksi itu menjadikan Indonesia.travel sebagai pemain baru di industri online booking.

“April ini kami sudah aktif dan nantinya layanan yang ditawarkan akan makin lengkap, untuk penerbangan yang akan jadi mitra bukan hanya Garuda Indonesia dan Citilink, namun juga maskapai lain. Yang kemudian menjadi istimewa dan menjadi pembeda dengan situs-situs booking lain adalah kerjasama yang kami lakukan dengan UKM lokal serta ketersediaan paket wisata mengingat kami bekerjasama dengan  Kemenparekraf,” ujar CEO Asyst Achmad Royhan usai penandatangan kerjasama dengan Deputi Bidang Pemasaran Kemenparekraf Nia Niscaya, Rabu (14/4).

Sementara, Nia menegaskan, fitur baru di Indonesia.travel itu menjadikan situs itu menghadirkan layanan dan pengalaman yang utuh dan terbilang inovatif dibanding situ serupa milik kementerian dan lembaga lainnya. “Masyarakat bisa menikmati layanan look, book and pay di satu tempat. Sebelumnya kita hanya menyediakan referensi yang sangat menarik dari segi visual maupun teks, namu  kini setelah tertarik, masyarakat bisa eksekusi dengan memesan langsung tiket dan hotel untuk ke sana,” ujar Nia.  

Dalam pertemuan itu, Direktur Utama Garuda Indonesia Irfan Setiaputra menyatakan pihaknya masih konsisten mendukung pelaksanaan protokol kesehatan, di antaranya jarak antar penumpang. Kondisi itu mengharuskan Garuda Indonesia menggunakan pesawat berbadan besar yang sebelumnya digunakan untuk perjalanan internasional untuk rute domestik yang ramai.

“Tentu saja terlihat perbedaan kenyamanan yang dirasakan penumpang dengan komitmen kami itu, dibanding mereka yang menggunakan maskapai lain yang tidak mengatur jarak tempat duduk. Ini adalah bentuk komitmen kami kepada pemerintah dan masyarakat untuk mendukung perang terhadap covid-19,” kata Irfan.    

Pihaknya, lanjut Irfan, juga menemukan fenomena menarik lainnya selama pandemi, seperti tingginya minat penerbangan ke Pontianak, puncak keramaian setiap Rabu hingga penerbangan ke Jakarta dari berbagai bandara yang selalu penuh setiap Minggu dan Senin pagi.

“Uniknya lagi, kelas bisnis kami selalu penuh,” kata Irfan.(X-6)

BERITA TERKAIT