13 April 2021, 11:20 WIB

PLN Siagakan 10.315 MW Pasokan Listrik di Jakarta Selama Puasa


Insi Nantika Jelita | Ekonomi

PLN Unit Induk Distribusi Jakarta Raya menyiagakan pasokan kelistrikan untuk memastikan keandalan dan kecukupan kebutuhan selama bulan Ramadan 2021.

General Manager PLN Unit Induk Distribusi Jakarta Raya Doddy B. Pangaribuan mengatakan listrik di Jakarta masih dalam kondisi cukup melihat beban puncak yang pernah dicapai di ibu kota maupun beban puncak saat Ramadan tahun lalu.

Jakarta, sebutnya, disuplai dari enam subsistem kelistrikan dengan total kapasitas 10.315 Mega Watt (MW) yang disalurkan melalui 59 gardu induk 150 kilo Volt (kV) dan 20 kV.

Beban puncak listrik yang pernah dicapai yaitu 4.938 MW pada tahun 2020. Sedangkan, beban puncak listrik saat Ramadan di tahun 2020 saat siang yaitu 3.814 MW dan malam 3.680 MW.

"Kami pastikan seluruh pasukan dan peralatan dalam kondisi siap operasi, petugas tetap memperhatikan prtokol kesehatan selama bertugas,” kata Doddy dalam keterangannya yang dikutip, Selasa (13/4).

Pihaknya menyampaikan, siaga pasokan listrik di PLN UID Jakarta Raya didukung dengan kekuatan 2.371 personel siaga, 16 Posko Siaga, 6 unit mobil deteksi, 17 unit gardu bergerak, 4 unit kabel bergerak, 6 unit Uninterruptable Power Supply (UPS), dan 20 unit Power Bank PLN.

Baca juga: PLN Berhasil Pulihkan Gangguan Listrik Akibat Gempa Malang

Doddy menyebut, selain masjid-masjid yang digunakan untuk ibadah selama Ramadan, rumah sakit dan infrastruktur pendukung pemulihan covid-19 juga tetap menjadi pantauan utama PLN. Serta memantau kelistrikan di rumah masyarakat agar masyarakat bisa beribadah dari rumah dengan nyaman.

Di satu sisi, Doddy mengatakan, pihaknya mempunyai promo dalam rangka menyambut Ramadan yaitu Ramadhan Peduli dan Ramadhan Berkah yaitu penawaran harga spesial untuk berbagai jenis layanan PLN yang melibatkan program bantuan sosial sebagai nilai tambah dengan skema bundling layanan tambah daya dan Renewable Energy Certificate (REC) serta diskon tambah daya khusus rumah ibadah.(OL-5)

BERITA TERKAIT