12 April 2021, 16:51 WIB

Malam ini Jokowi dan Angela Merkel Resmikan Acara Hannover Messe


Insi Nantika Jelita | Ekonomi

PRESIDEN Joko Widodo dan Kanselir Jerman Angela Merkel pada Senin (12/4) dijadwalkan meresmikan bersama secara virtual pembukaan Hannover Messe 2021 Digital Edition. Hal itu disampaikan oleh Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita.

Peresmian oleh kedua pemimpin itu, ungkapnya, menandakan dimulainya pameran terbesar dunia untuk teknologi industri yang telah berjalan selama lebih dari 72 tahun. "Insya Allah, nanti malam sekitar pukul 18.00 WIB Bapak Presiden Joko Widodo akan memberikan sambutan pada pembukaan Hannover Messe 2021 Digital Edition. Di waktu yang sama, sekitar pukul 13.00 waktu Jerman, Kanselir Jerman Angela Merkel juga akan memberikan sambutannya," jelas Agus dalam keterangannya.

Menperin menjelaskan, penyelenggaraan Hannover Messe 2021 Digital Edition bakal berlangsung pada 12-16 April 2021. Pada pekan sebelumnya, Kementerian Perindustrian menyatakan telah menyelenggarakan Kick Off Pra-Konferensi Indonesia Partner Country Hannover Messe 2021 sejak Senin (5/4).

"Pelaksanaan Hannover Messe merupakan perhelatan yang sangat penting bagi Indonesia. Indonesia menjadi official partner country pada Hannover Messe termasuk hal yang istimewa," ungkap Politisi Golkar itu.

Agus menyebutkan, sebelum peresmian oleh Presiden RI dan Kanselir Jerman, serangkaian acara akan dilakukan, semisal presentasi dari sejumlah kementerian dan lembaga. Misalnya, Kemenperin menyampaikan mengenai Journey Making Indonesia 4.0, kemudian Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif tentang program Wonderful Indonesia, serta Kementerian Perdagangan mengenai global value chain.

Dia menegaskan, dalam rangkaian agenda Hannover Messe 2021 Digital Edition, pemerintah telah memfasilitasi beberapa kerja sama di sektor industri, baik dalam kerangka government to government (G to G) maupun business to business (B to B). "Hannover Messe 2021 diharapkan dapat meningkatkan investasi, kerja sama industri, dan kesepakatan bisnis," tandas Agus. (OL-14)

BERITA TERKAIT