09 April 2021, 21:07 WIB

Kemandirian Finansial Perempuan Bagian Kesetaraan Gender


Ghani Nurcahyadi | Ekonomi

PEMBERDAYAAN perempuan adalah suatu upaya untuk membangun kesadaraan tentang kesetaraan gender sehingga perempuan dapat mengembangkan potensi diri dan menjadi mandiri. Pemberdayaan ini bisa dilakukan dengan banyak cara seperti melalui pendidikan, pelatihan, hingga menjalankan kegiatan ekonomi untuk mencapai sebuah tujuan: termasuk kemandirian finansial.

Direktur AsetKu Andrisyah Tauladan mengatakan, saat seorang wanita telah mencapai kemandirian finansial, mereka akan lebih tangguh serta mempunyai kekuatan dalam mengambil keputusan finansial sendiri (tidak perlu bergantung pada orang lain). 

"Meningkatkan kesejahteraan keluarganya, sehingga juga memajukan kesejahteraan komunitasnya, dan dapat menjadi inspirasi bagi perempuan lainnya," katanya dalam keterangan tertulis.

Perencana Keuangan Annisa Steviani mengatakan, untuk bisa merencanakan keuangan dengan baik, harus tahu betul tentang penghasilan, pengeluaran dan keperluan kita. Yang terpenting ialah kontrol diri didalam mengelola keuangan.

Baca juga : Gender, Konservasi Lingkungan dan Perubahan Iklim

“Kita harus bisa mengontrol emosi kita terlebih dahulu, baru kita bisa mengontrol uang kita," ujarnya dalam webinar Womanpreneur: Woman Empowerement Melalui kemandirian Financial 

Pengusaha perempuan, Najla Bisyir mengatakan, kaum perempuan harus bisa menemukan potensi diri masing-masing dan mengembangkannya.

"Perempuan itu unik. Setiap perempuan pasti punya potensi yang berbeda-beda, kita harus sadar akan potensi tersebut dan menggembangkannya. Jangan mau dilemahkan oleh diri kita sendiri," kata founer Bittersweet by Najla itu.

Di sisi lain, untuk mendorong kemandirian finansial,AsetKu juga menggelar lomba Story Competition di platform Instagram yang diikuti lebih dari 170 peserta. (RO/OL-7)

BERITA TERKAIT