08 April 2021, 06:10 WIB

Antusiasme Masyarakat terhadap Rumah Precast Tinggi


mediaindonesia.com | Ekonomi

PERMINTAAN dari masyarakat terhadap rumah berteknologi precast saat ini semakin meningkat. Hal itu utamanya karena pengerjaan pembangunan rumah secara precast lebih cepat.

Tren itu juga terlihat di perumahan skala kota (township) Jakarta Garden City, Cakung, Jakarta Timur. Penjualan rumah berteknologi precast melalui produk New Shinano Precast di kawasan yang dikembangkan oleh PT Mitra Sindo Sukses, anak perusahaan PT Modernland Realty Tbk, itu sangat bagus. 

Bahkan, karena unitnya sangat terbatas, banyak calon pembeli yang tidak berhasil mendapatkan unit. Hal itu menginisiasi developer untuk kembali meluncurkan produk hunian di cluster La Seine Precast dengan jumlah sangat terbatas.

Director Marketing Urban Development PT Modernland Realty Tbk Helen Hamzah menyebut Jakarta Garden City menangkap peluang dari stimulus yang diluncurkan pemerintah untuk menggerakkan sektor properti yang lesu akibat pandemi Covid-19. 

"Salah satunya dengan meluncurkan rumah precast yang pengerjaannya cepat sehingga bisa diserahterimakan sebelum kebijakan stimulus pemerintah berakhir," ujar Helen.

Sebagaimana diketahui, pemerintah memberikan insentif sektor properti dengan menanggung seluruh atau 100%  PPN untuk rumah tapak dan rumah susun dengan harga paling tinggi Rp2 miliar dan menanggung setengah atau 50% PPN untuk harga jual rumah lebih dari Rp2 miliar sampai Rp5 miliar. Ketentuan ini berjalan selama periode 1 Maret-30 Agustus 2021.

Cluster La Seine Precast dipasarkan juga dengan jumlah unit sangat terbatas, yakni 20 unit saja. Rumah precast di kluster tersebut dipasarkan dengan harga mulai Rp1,52 miliar untuk ukuran luas bangunan 60 m2 dan luas tanah 85 m2. 
 
“Bagi masyarakat yang belum berhasil mendapatkan unit di cluster New Shinano Precast, kembali memiliki kesempatan untuk dapat membeli rumah precast di cluster La Seine Precast yang dipasarkan dalam jumlah yang sangat terbatas," terang Helen.

Rumah precast di cluster New Shinano Precast dan La Seine Precast menggunakan material Facade Precast MPanel lansiran PT Modern Panel Indonesia, anak perusahaan PT Modernland Realty Tbk yang memiliki banyak keunggulan.

Hendy Wijaya Budijanto, General Manager Operational PT Modern Panel Indonesia mengatakan, Facade Precast MPanel merupakan dinding luar yang diproduksi dengan material full beton secara pabrikasi dengan sistem pracetak. 

Dinding itu, jelasnya, diproduksi secara cepat dengan mesin precast teknologi terbaru, mutu beton yang berkualitas dengan menggunakan material terbaik, lebih presisi dan telah lolos uji QC.

Keunggulan Facade Precast MPanel antara lain, dinding siap untuk langsung dilakukan pengecatan, pengerjaan dinding bangunan lebih cepat, tidak terjadi retak rambut, permukaan rata dan halus, lebih kokoh, low maintenance, thermal insulation, tahan terhadap kebocoran, lebih kedap suara, juga tahan gempa. 

"Penggunaan Facade Precast MPanel bisa menghemat waktu dan biaya pengerjaan konstruksi," kata Hendy.

Lantaran memiliki banyak keunggulan, kata Helen Hamzah, ke depan Modernland Realty akan semakin memperbanyak penggunaan teknologi precast di proyek properti yang dikembangkan. "Modernland Realty ingin menjadi pionir dalam segi pengembangan properti dengan teknologi precast di Indonesia," ujar Helen Hamzah.

Cluster La Seine seluas 9,2 hektare terinspirasi dari sungai utama dan kenamaan di Perancis, La Seine. Cluster ini terletak di kawasan River Garden Jakarta Garden City. Keunggulan dari cluster La’Seine adalah kehadiran ruang terbuka hijau  yang  cukup luas, yakni mencapai 60% dari lahan cluster. (RO/X-12)
 

BERITA TERKAIT