07 April 2021, 20:18 WIB

Luhut Tegaskan Gangguan Pasokan Vaksin Global Tak Pengaruhi RI


Insi Nantika Jelita | Ekonomi

MENTERI Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi yang juga Wakil Ketua Komite Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (KPC-PEN) Luhut Binsar Pandjaitan menuturkan, saat ini sudah 12 juta warga disuntik vaksin covid-19.

Meski ada gangguan dalam pasokan global dari Eropa dalam distribusi vaksin, Luhut menegaskan hal itu dianggap tidak menjadi masalah urgen bagi RI.

"Meski ada masalah kekurangan vaksin di Uni Eropa dan di India yang meng-hold (menahan) vaksin yang seharusnya buat Indonesia, tapi kita cari sumber lain," ujar Luhut dalam acara Media Group News ' CEO & Leadership Summit 2021' secara virtual, Rabu (7/4).

"Sudah 12 juta lebih disuntik vaksin. Ini cukup bagus, karena kita di negara kepulauan," tambahnya.

Diketahui, Indonesia kehilangan 10 juta dosis vaksin gratis dari kerja sama multilateral Aliansi Global untuk Vaksin dan Imunisasi (GAVI).

Dari 11,7 juta vaksin AstraZeneca yang dijanjikan GAVI, Indonesia bakal mendapatkan 1,3 juta-1,4 juta dosis vaksin gratis. 10 juta vaksin itu dialihkan ke India karena kasus covid-19 mereka yang mencapai 100 ribu per hari.

Sedangkan, Uni Eropa mengalami masalah pasokan vaksin dengan upaya menghalangi pengiriman 250 ribu dosis vaksin AstraZeneca dan memperketat ekspor untuk mengamankan pasokan vaksin.

"Terpaksa kami cari tempat lain. (Semoga) jangan ada kendala lain soal ini. Kita harus hati-hati menangani covid-19," tandas Luhut. (OL-8)

 

BERITA TERKAIT