07 April 2021, 16:17 WIB

KKP Bakal Ganti Logo


Insi Nantika Jelita | Ekonomi

KEMENTERIAN Kelautan dan Perikanan (KKP) akan mengganti logonya yang diduga mirip dengan lambang perusahaan asing layanan dan teknologi informasi, Ongsys.

Juru Bicara KKP Wahyu Muryadi mengungkapkan perubahan logo tersebut atas instruksi Menteri KKP Sakti Wahyu Trenggono guna mencegah adanya plagiarisme atau penjiplakan.

"Karena diduga ada kemiripan pola lingkaran dengan logo institusi lain, maka Menteri Trenggono memutuskan segera merevisi peraturan menteri tentang logo. Kami mencegah mudarat plagiarisme makanya logonya akan diganti," kata Wahyu saat dikonfirmasi Media Indonesia, Rabu (7/4).

Pihaknya akan merevisi Peraturan Menteri (permen) Nomor 11 Tahun 2021 tentang Logo KKP dan Penggunaannya.

Jika dibandingkan, logo kedua pihak terlihat kemiripan pada desain lingkaran empat sulur berwarna biru. Di logo KKP terpampang lambang Garuda Pancasila dan tulisan Kementerian Kelautan dan Perikanan. Sedangkan milik Ongsys tidak tercantum lambang tersebut.

Baca juga: Dalam 100 Hari, KKP Tangkap 67 Kapal Illegal Fishing

Wahyu menambahkan, rencana pergantian logo pihaknya pun karena mendapat saran dari berbagai pihak agar guna meminimalisir polemik.

"Karena kami dapat masukan dari banyak kalangan kalau bentuk pola lingaran luarnya menyerupai logo korporasi lain, makanya guna mengindari mudarat segera kami akan ganti dengan logo lain yang tidak beresiko," ujarnya.

Wahyu pun mengaku desain logo KKP sudah tidak ganti sejak era Presiden Indonesia yang keempat Abdurrahman Wahid atau yang akrab disapa Gus Dur.

"Terima kasih atas masukan dan kritiknya demi kebaikan dan perbaikan KKP," pungkasnya.(OL-5)

BERITA TERKAIT